Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi II Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi)

Mendapatkan Lebih Banyak Ruang dengan "Memotong" Ruang yang Ada


Melanjutkan artikel sebelumnya, Renovasi II Rumah Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi), RUMAH mungil KITA akan membahas penataan lengkap hasil renovasi tersebut. Penataan rumah kali ini hampir mirip dengan penataan rumah hasil renovasi sebelumnya seperti yang telah dimuat dalam artikel Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi) (Area Publik). Mengingat sempitnya area ruang tamu, digunakan furniture kompak di ruang tamu, dimana kursi kecil dan meja bisa dimasukkan di bawah kursi panjang. Ruang keluarga dan ruang makan dibuat menyatu tanpa sekat. Dapur yang terbilang cukup mungil dalam bentuk dua baris mungil. Untuk kamar tidur, tiap celah sempit yang terbentuk dari hasil perpotongan ruangan seperti telah dijelaskan sebelumnya, digunakan untuk menempatkan tempat tidur. Berikut penjelasan lengkapnya.

Denah Rumah

Terdapat tiga kamar tidur di rumah ini dengan ukuran 3 x 4 m2 (dipotong 1,25 x 2 m2 untuk kamar mandi), 3,6 x 3 m2 (dipotong 1,25 x 2 m2 untuk dapur) dan 3,25 x 3 m2), dua kamar mandi berukruan 1,25 x 2 m2 dan 1,15 x 2 m2, ruang tamu berukuran 2 x 2,5 m2, ruang keluarga menyatu dengan ruang makan berukuran 5,6 x 3 m2 dan dapur berukuran 2,1 x 2 m2.


Di depan rumah masih tersedia ruang kosong berukuran 3 x 6 m2 untuk carport, 1 x 2 m2 untuk teras dan 1,5 x 3 m2 untuk taman. Sedangkan di belakang rumah masih tersedia area kosong berukuran 2,75 x  3 m2 untuk taman dan teras belakang.

Ruang Tamu

Sama seperti penataan rumah sebelumnya, ruang tamu didominasi warna cokelat kayu dengan perpaduan warna merah serta sedikit warna krem sebagai pemanis. Satu kursi panjang, satu meja dan dua kursi kecil disusun memenuhi ruang tamu berukuran 2 x 2,5 m2. Hal yang menarik dari perabot di ruang tamu ini adalah ukuran perabot yang didesain sedemikian rupa sehingga kursi kecil bisa dimasukkan ke dalam meja dan kursi beserta meja bisa dimasukkan ke dalam kursi panjang. Saat tidak digunakan, kesemuanya bisa ditempatkan di bawah kursi panjang sehingga ruangan terasa lebih luas.


Pembatas ruang tamu dan ruang lainnya adalah rak yang dapat diakses dari kedua sisi. Rak dibagi menjadi tiga bagian. Pada bagian atas setiap bagian ditambahkan lampu yang dapat memberi efek dramatis pada tiap pajangan yang ditampilkan. Alas rak terbuat dari kaca sehingga cahaya dapat diteruskan sampai ke bagian paling bawah rak. Wallpaper berwarna senada dan tiga lukisan serupa tapi tak sama dengan bingkai kayu yang ditempatkan di belakang kursi membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga dibuat menyatu tanpa sekat dengan ruang makan. Satu sofa berwarna krem berukuran 1,4 x 0,8 m2 ditempatkan di tengah-tengah ruangan. Bantal berwarna merah ditempatkan di tengah-tengah kursi untuk mempercantik ruangan. Karpet berarna senada ditempatkan di antara sofa dan rak tv.


Rak tv mungil memanjang ditempatkan di sisi kanan ruangan. Di belakang rak tv ditempatkan pane kayu memanjang dengan cermin besar di sisi kanan dan kiri panel kayu.


Pintu samping rumah langsung mengarah ke ruang keluarga.

Ruang makan

Untuk ruang makan, ditempatkan satu meja berukuran 1,2 x 0,8 m2 dengan empat kursi berwarna senada. Untuk membuat tampilan rumah terasa lebih luas, cermin besar ditempatkan di dinding yang membatasi ruang makan dengan kamar mandi. Lukisan abstrak ditempatkan di belakang meja makan.


Pintu kaca di belakang ruang makan menghubungkannya dengan dapur berukuran 2 x 2,1 m2. Di dapur yang terbilang cukup mungil ini ditempatkan dua baris kitchen set mungil. Sisi kanan diisi dengan lemari es, oven dan sink satu lubang sedang sisi kiri diisi dengan kompor beserta penghisap asapnya. Pintu menuju taman terletak di dapur.

Kamar tidur

Penataan kamar tidur depan dan tengah rumah ini sama persis dengan penataan ruang tidur kamar depan rumah yang sebelumnya telah dibahas di Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi) (Ruang Tidur). Sedang untuk ruang tidur utama yang berukuran 3, 25 x 3 m2 pengaturannya sederhananya sebagai berikut.


Nakas ditempatkan di sudut ruangan. Di sampingnya terdapat tempat tidur berukuran 1,6 x 2 m2. Di sisi belakang tempat tidur ditambahkan tiga lukisan yang serupa tapi tak sama di dalam satu "bingkai" kayu. Di sisi lain ruangan ditempatkan lemari besar dengan cermin pada bagian pintunya.

Demikian contoh penataan hasil renovasi model kedua rumah tipe 48 tanah 93 m2 versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu memberi tambahan inspirasi desain bagi Anda yang sedang atau ingin membangun, merenovasi ataupun menata ulang rumah Anda.

1 comments:

  1. Mantap, bagus bagus..
    Bisa terima jasa renovasi rumah saya?
    Rumah saya type 45 luas tnah 97,m2 berapa biaya nya? 08561301010

    ReplyDelete