Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi) (Area Publik)

Renovasi Minimal dengan Hasil Maksimal di Lahan dengan Lebar 6 M


Melanjutkan artikel sebelumnya, Renovasi Rumah Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 Lantai, 3 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi), yang membahas dengan lengkap mengenai renovasi rumah di lahan dengan lebar 6 meter, kali ini RUMAH mungil KITA akan menampilkan contoh penataan lengkap rumah setelah direnovasi. Banyak hal dilakukan untuk mensiasati ruang-ruang mungil di rumah ini. Untuk ruang tamu, digunakan furniture kompak, dimana kursi kecil dan meja bisa dimasukkan di bawah kursi besar sehingga saat tidak sedang digunakan, ruang tamu akan terasa lebih luas. Untuk kamar mandi, tidak digunakan bak mandi. Sebagai gantinya, digunakan keran dengan shower agar kamdi terasa lebih lega. Dapur dibuat menyatu dengan ruang makan dengan kitchen set berbentuk I ditempatkan di sudut ruang. Penambahan cermin di beberapa area dalam rumah dimaksudkan untuk memberi kamuflase ruang sehingga ruang yang ada terasa lebih luas. Berikut ulasan lengkapnya.

Denah Rumah


Setelah direnovasi, rumah ini terdiri dari tiga buah kamar tidur, dua buah kamar mandi, ruang tamu, serta ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan dan dapur. di depan dan di belakang rumah masih tersedia lahan yang cukup untuk teras dan taman.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - denah rumah 3 dimensi


Ukuran ketiga kamar tidur, masing-masing 3 x 4 m2 (dikurang 1,25 x 2 m2); 3,6 x 3 m2 dan 3 x 2,9 (dikurang 1 x 1 m2). Dua kamar mandi berukuran sama, masing-masing 1,25 x 2 m2. Ruang tamu berukuran 2 x 2,5 m2. Sedangkan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan dan dapur berukuran 5,335 x 3 m2.

Carport di depan rumah berukuran 3 x 3,5 m2, dibuat menyatu dengan teras yang berukuran 1,5 x 3 m. Taman di depan rumah berukuran 3 x 3,5 m2 sedang teras dan taman di belakang rumah berukruan 3 x 2,9 m2.

Ruang Tamu


Seperti telah disebutkan sebelumnya, ruang tamu di rumah ini terbilang cukup mungil hanya berukuran 2 x 2,5 m2. Agar ruang terasa cukup luas, dipilih perabot berukuran mungil dengan desain kompak. Untuk membatasi ruang tamu dengan ruang lainnya, digunakan partisi dengan lubang di kedua sisi sehingga terlihat semi transparan. Dengan cara ini, kedua ruang dapat tetap terasa menyatu.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang tamu

Kursi tamu panjang ditempatkan di sisi kanan ruang tamu dengan meja di tengah ruangan. Dua kursi kecil ditempatkan di sisi depan dan belakang meja tamu. Warna merah yang senada dengan warna kayu dipilih sebagai pemanis kursi ruang tamu. Dua bantal kecil dengan warna kontras ditambahkan di tengah-tengah kursi. 

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang tamu

Untuk mempercantik tampilan ruangan, wallpaper bermotif bunga dengan warna senada ditempatkan di belakang kursi panjang. Point of view ruang ini dipusatkan pada tiga lukisan bunga yang serupa namun tak sama yang ditempatkan di atas kursi panjang. Untuk membuat ketiga lukisan nampak menyatu, ditambahkan panel kayu sebagai "bingkai" ketiga lukisan. Horizontal blind atau tirai horisontal yang berkesan ringan digunakan sebagai penutu jendela. Di bawah meja ditambahkan karpet dengan warna senada.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang tamu

Hal yang cukup menarik dari ruang tamu ini adalah ukuran perabotnya yang memang sengaja dibuat dalam ukuran tertentu sehingga bisa saling berhubungan. Saat tidak digunakan, kedua kursi kecil bisa dimasukkan ke bawah meja. Dan jika ingin ruang yang lebih luas, meja beserta kedua kursi kecil bisa dimasukkan di bawah kursi panjang. Dengan cara ini, saat tidak digunakan, ruang tamu akan terasa lebih luas.

Ruang Keluarga


Ruang cukup besar berukuran 5,35 x 3 m menjadi pusat kegiatan di dalam rumah. Ruang ini digunakan untuk tiga fungsi sekaligus, yakni ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Ketiganya dibuat dalam satu ruangan tanpa batas. Perabot dengan tema serupa turut membuat ruang tampak meyatu. Tak ketinggalan wallpaper bermotif bunga yang sama dengan wallpaper di ruang tamu ditempatkan pada satu sisi ruang ini sehingga terasa terdapat satu kesatuan antara ruang tamu dan ruang lainnya dalam rumah.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang keluarga

Untuk ruang keluarga, ditempatkan satu sofa ukuran sedang di tengah-tengah ruangan. Warna cokelat muda dipilih sebagai warna utama sofa. Agar nampak manis, ditambahkan bantal kursi berwarna merah di tengah-tengah sofa.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang keluarga


Rak TV mungil ditempatkan di sisi kanan ruangan. Sebagai hiasan dan sebagai pembeda antara ruang keluarga dan ruang makan, di belakang rak tv ditambahkan panel kayu tepat di belakang tempat meletakkan TV. Sisi kanan dan kiri panel kayu diberi cermin besar memanjang yang membantu membuat ruangan nampak lebih luas.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang keluarga

Karpet mungil dengan warna senada ditempatkan di bawah sofa dan menjadi penghubung antara sofa dengan rak tv. Tambahan karpet diharapkan mampu memberi tempat lebih untuk berkumpulnya keluarga.

Ruang Makan


Ruang makan ditempatkan bersebelahan dengan ruang keluarga. Di ruang yang cukup mungil ini ditempatkan sau meja makan berukuran 80 x 120 x 80 cm dan empat buah kursi makan dengan warna yang senada dengan sofa di ruang keluarga. 

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - ruang keluarga dan ruang makan

Sebagai hiasan ditambahkan sebuah lukisan abstrak tepat di belakang kursi makan.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - r ruang makan

Dapur


Bagian terakhir dari ruang utama di rumah ini digunakan untuk dapur. Sebaris kitchen set berbentuk I dengan panjang dua meter ditempatkan di sisi belakang ruangan. Kompor tanam dan kitchen sink satu lubang ditempatkan di rak bawah kitchen set. Rak bagian sudut dibuat sedikit berbeda, untuk tempat lemari es satu pintu dengan rak untuk oven dan berbagai peralatan dapur lainnya di atasnya. Rak di atas kithe sink dibuat berlubang pada bagian bawah. Rak ini untuk menyimpan piring dan gelas yang mungkin masih sedikit basah setelah dicuci.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 - dapur


Demikian penjelasan lengkap mengenai penataan ruang hasil renovasi rumah tipe 48 tanah 93 m2 area publik. Penjelasan lengkap mengenai penataan ruang tidur di rumah ini dapat disimak pada artikel Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi) (Ruang Tidur).

0 comments:

Post a Comment