Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi) (Ruang Tidur)

Renovasi Minimal dengan Hasil Maksimal di Lahan dengan Lebar 6 M


Melanjutkan dua artikel sebelumnya, Renovasi Rumah Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 Lantai, 3 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi), yang membahas dengan lengkap mengenai renovasi rumah di lahan dengan lebar 6 meter dan Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi) (Area Publik), yang membahas lengkap mengenai penataan area publik rumah hasil renovasi yang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur, kali ini RUMAH mungil KITA akan menampilkan contoh penataan lengkap area privat dalam ruamah tersebut. Area privat yang dimaksud adalah penataan kamar tidur dan kamar mandi rumah.

Denah Rumah

Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya, terdapat tiga kamar tidur di rumah ini. Satu kamar tidur utama berukuran 3,6 x 3 m terletak di tengah dan dua kamar tidur anak masing-masing berukuran 3 x 4 m (dipotong 1,25 x 2 m untuk kamar mandi) dan 3 x 3 m (dipotong 1 x 1 m untuk jalan) terletak di bagian depan dan belakang rumah. Berikut denah rumahnya.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 tanah 93 - denah rumah 3 dimensi

Terdapat dua buah kamar mandi di rumah ini. Masing-masing berukuran 1,25 x 2 m. Satu terletak di bagian depan rumah dan satu lagi terletak di bagian belakang rumah. Mengingat ukuran kamar mandi yang tidak terlalu besar, kamar mandi dibuat tanpa bak mnadi. Sebagai gantinya, digunakan keran dengan shower di kedua kamar mandi.

Ruang Tidur Utama

Ruang tidur utama terbilang cukup besar, berukuran 3,6 x 3 m2, terletak di bagian tengah rumah, menghadap ke taman belakang. Di kamar tidur ini itempatkan sebuah lemari besar dengan cermin pada bagian pintu lemari. Tempat tidur berukuran 160 x 200 cm2 ditempatkan di tengah-tengah ruangan dengan nakan di sisi kanannya. Cermin besar ditempatkan di belakang nakas dan kursi kecil disiapkan di bawah nakas. Dengan adanya tambahan cermin dan kursi kecil, nakas bisa berfungsi ganda sebagai meja rias.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 tanah 93 - kamar tidur utama

Wallpaper yang serupa dengan wallpaper di ruang tamu dan ruang keluarga ditambahkan pada sisi dinding yang terletak di belakang tempat tidur. Kehadiran wallpaper ini menjadi penghubung dan penyelaras antara ketiga ruang. Untuk mempercantik tampilan kamar tidur utama, ditambahkan tiga lukisan serupa namun tidak sama yang dipasang berdampingan dengan panel kayu yang berfungsi sebagai pengganti bingakai di belakangnya. Kehadiran banyak cemin di kamar tidur ini mampu membuat ruangan terasa jauh lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Ruang Tidur Anak I

Ruang tidur anak I terletak di bagian depan rumah. Awalnya ruang tidur ini merupakan ruang tidur utama dengan ukuran cukup besar yakni 3 x 4 m2. Namun karena kebutuhan akan kamar mandi di bagian depan rumah, kamar ini "dipotong" sebesar 1,25 x 2 m2 untuk kamar mandi. Bentuk kamar yang menyerupai hurup L setelah dipotong oleh kamar mandi membuat pengaturan kamar ini sedikit berbeda. Pada bagian kamar dengan lebar cukup sempit yakni 1,75 m karena terpotong kamar mandi ditempatkan tempat tidur berukuran 1,2 x 2 m dengan nakan di sampingnya. Tempat tidur sengaja ditempatkan di sisi ini karena berhadapan langsung dengan jendela sehingga tempat tidur akan senantiasa terpapar sinar matahari. Selain itu, dengan penempatan tempat tidur di sisi sempit kamar, sisi lainnya akan terasa jauh lebih lega untuk tempat aktivitas anak.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 tanah 93 -  kamar tidur anak I

Di sisi lain kamar yang berukuran 2 x 3 m ditempatkan lemari baju dengan cermin pada bagian pintu dan meja belajar berbentuk L. Rak buku gantung ditambahkan di bagian atas meja belajar. Cermin besar ditempatkan di belakang meja belajar. Penempatan cermin ini membuat kamar terasa jauh lebih luas dan membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan karena anak tidak merasa terkungkung di satu ruang sempit saat belajar. Cara ini diharapkan dapat merilekskan pikiran dan mampu meningkatkan mood anak saat sedang belajar.

Ruang Tidur Anak II

Ruang tidur anak II terletak di bagian paling belakang rumah dengan jendela menghadap ke taman belakang. Ruang tidur ini berukuran 3 x 3 m2 dan harus "dipotong" seukuran 1 x 1 m2 untuk jalan agar bisa disisipkan pintu menuju ke taman. Di sisa bagian yang "terpotong tersebut ditempatkan lemari dan rak buku dengan ukuran yang persis sesuai dengan ukuran bagian yang terpotong. Sama dengan lemari di ruang lainnya, lemari di kamar ini juga menggunakan cermin pada bagian pintunya. Rak buku memanjang ditempatkan di sudut ruangan, persis di samping lemari pakaian.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 tanah 93 -  kamar tidur anak II

Di sisi lain kamar, ditempatkan tempat tidur berukuran 120 x 200 cm. Di antara tempat tidur dan rak buku ditempatkan meja belajar. Hal yang cukup menarik dari meja belajar ini adalah dibuat seolah-olah tanpa kaki meja. Satu sisi meja berhubungan dengan tempat tidur dengan kaki meja yang dibuat menyatu dengan tempat tidur. Satu sisi meja lainnya berhubungan dengan rak buku dan meja dijadikan sebagai salah satu bagian dari rak yang sengaja dibuat memanjang.

Kamar Mandi I

Pengaturan kedua kamar mandi di rumah ini hampir sama. Di ruang berukuran 1,25 x 2 m2 ini ditempatkan berjajar wastafel, kloset dan keran dengan shower.

penataan rumah hasil renovasi tipe 48 tanah 93 - kamar mandi

Demikian penataan ruang privat di rumah hasil renovasi tipe 48 tanah 93 m2 versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat memberi tambahan ide bagia Anda yang sedang atau berencana membangun, merenovasi atau menata ulang rumah Anda. Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 m2 dengan desain berbeda akan kami tampilkan pada artikel selanjutnya.

3 comments:

  1. kunjungan malam mbak :D harus benar2 terencana ya mbak penataan rumah apa lagi type besar seperti ini :)

    makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :)
      biar rumahnya lebih nyaman ditempati.
      Trims kunjungan malamnya mbak Indri

      Delete
    2. Mbak..bisa dibuatin denah rumah untuk tanah ukuran 7x13 m dengan 2 kamar 1 kamar mandi ruang tamu ruang keluarga dapur ruang makan m mushola..klo bisa ada taman kecil depan dan belakang.mksh

      Delete