Searching...

Menghitung Jumlah Kebutuhan Material Dan Tenaga dalam Membangun Rumah Lengkap

Sebelumnya, pada artikel Daftar Tata Cara Perhitungan Satuan Harga Pekerjaan Konstruksi Berdasarkan SNI dan Contoh Penggunaannya RUMAH mungil KITA telah membahas dengan lengkap mengenai SNI mana saja yang dipakai sebagai standar untuk menentukan banyaknya jumlah material dan tenaga yang dibutuhkan dalam tiap detil pekerjaan konstruksi pembangunan rumah tinggal. Pada artikel Analisa Anggaran Biaya Pekerjaan Konstruksi I (Persiapan, Pekerjaan Tanah, Pondasi, Dinding dan Beton), Analisa Anggaran Biaya Pekerjaan Konstruksi II (Plesteran, Lantai, Atap, Plafond, Kusen, Pintu, Jendela), dan Analisa Anggaran Biaya Pekerjaan Konstruksi III (Pemasangan Kunci, Pengecatan, dan Instalasi Listrik) RUMAH mungil KITA juga telah membahas dengan mengenai biaya pembangunan rumah tinggal berdasarkan analisa pekerjaan yang kemudian dihitung dalam bentuk rincian RAB dan rekap RAB. Dan pada artikel Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah dan Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah Bagian II RUMAH mungil KITA telah membahas dengan lengkap mengenai cara menghitung biaya pembangunan berdasarkan desain rumah.

Namun, artikel-artikel yang ada sebelumnya langsung menghitung berapa total biaya yang dibutuhkan dan tidak merinci langsung apa saja dan berapa banyak bahan serta tenaga yang dibutuhkan. Pada artikel berikut ini dan beberapa artikel berikutnya, RUMAH mungil KITA akan coba menampilkan banyaknya bahan dan tenaga yang dibutuhkan untuk tiap detil pekerjaan konstruksi beserta contoh perhitungannya. Sebelumnya, untuk lebih memudahkan perhitungan dan dapat langsung mencoba sendiri untuk menghitung biaya pembangunan rumah Anda, silahkan download file Menghitung RAB Lengkap dengan Bahan dan Tenaga. File tersebut merupakan penyempurnaan dari file yang telah dimuat sebelumnya. Tambahan dua sheet yakni 'jumlah bahan dan upah' serta 'rekap bahan dan upah' memuat dengan rinci apa saja bahan dan tenaga yang dibutuhkan dalam mebangun sebuah rumah beserta jumlah dan biayanya. Berikut penjelasan lengkapnya.


Tabel ini memuat semua jenis bahan dan tenaga yang umumnya dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah tinggal. Saat data mengenai desain rumah dimasukkan pada bagian 'Input Data Rumah' kolom yang berisi banyaknya bahan yang dibutuhkan dan total biaya per bahan bangunan otomatis akan terisi. Misalnya saat memasukkan data mengenai dinding rumah, dinding dengan tinggi 3 meter, panjang 3 m, maka banyaknya jumlah bata, semen, pasir akan terhitung secara otomatis di tabel ini.


Berikutnya, bagian 'Rekap Bahan dan Upah' memuat total keseluruhan bahan dan upah yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah tinggal. Misalkan pada bagian 'Input Data Rumah' kita telah memasukkan data dinding, kolom, kusen, plafond dan atap, maka total jumlah batu bata, semen, pasir, besi, kayu, gipsum, rangka atap dan genteng yang dibutuhkan akan termuat pada tabel ini.

File excel ini sengaja dibuat semudah mungkin agar siapapun, bahkan yang awam sekalipun mengenai proses pembangunan rumah dapat menghitung sendiri kira-kira bahan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah tinggal, berapa banyak dan berapa biayanya. Hanya dua bagian yang perlu diisi pada file ini yakni bagian 'Harga Bahan dan Upah' untuk menyesuaikan dengan harga bahan dan upah saat ini di daerah Anda dan bagian 'Input Data Rumah' untuk menentukan banyaknya kebutuhan berdasarkan desain rumah Anda. Setelah mengisi dua file tersebut, file lain, yakni 'Jumlah Bahan dan Upah' dan 'Rekap Bahan dan Upah' yang berisi jumlah bahan dan tenaga yang dibutuhkan, serta bagian 'Rincian RAB' dan 'Rekap RAB' yang memuat total biaya tiap detil pekerjaan konstruksi akan secara otomatis terisi.

Penjelasan lengkap mengenai cara pengisian 'Input Data Rumah' terdapat pada file tersebut. Selain itu,juga telah dipaparkan pada artikel Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah dan Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah Bagian II. Namun, agar lebih jelas dan lebih mudah dipahami, RUMAH mungil KITA membahas lebih lengkap mengenai pengisian tiap data rumah dan bagaimana proses perhitungan untuk mendapatkan jumlah bahan dan tenaga yang dibutuhkan pada artikel berikut





2 comments:

  1. Waduh saya benar-benar pusing membacanya, tetapi memang sangat menarik dan tentunya berbakat bagi mas yang ahli dibidang ini. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan cuma artikel pembuka mas :)
      selanjutnya akan saya jelaskan satu persatu secara lebih detil sehingga mudah dimengerti
      salam kenal kembali.

      Delete