Searching...

Desain Rumah Tipe 25 Tanah 60m2 (1lantai, 2Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

Menata Rumah Tipe 25 agar Mampu Memenuhi Kebutuhan akan Ruang


Semakin sedikitnya lahan membuat rumah mungil dengan luasan tanah kecil makin sering ditemui. Dengan minimnya lahan, tak dapat dipungkiri kebutuhan akan ruang dalam rumah tak dapat terpenuhi secara maksimal. Penggabungan beberapa ruang menjadi satu, penggunaan furnitur multifungsi, pemilihan perabot mungil yang tepat guna, merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan agar rumah mungilpun dapat dihuni dengan nyaman.


Tampak Luar
Denah Rumah
Ruang Utama
Dapur
Kamar Tidur Utama
Kamar Tidur Anak
Kamar Mandi
Taman Belakang

Salah satu contoh rumah mungil yang akan diangkat disini adalah rumah dengan luas bangunan hanya 25 m2 atau yang lebih dikenal dengan nama rumah tipe 25, di atas tanah berukuran 6x10 m. Agar tampilan lebih menarik, interior rumah dibuat berwarna di setiap ruangan.

Tampak Luar


rumah mungil tipe 25

desain rumah mungil tipe 25

Dari luar rumah tampak begitu sederhana. Hanya terdapat sedikit ornamen bergaris hijau dan kuning di bagian depan rumah sebagai hiasan. Terdapat satu pintu dan dua jendela kecil di bagian depan rumah. Atap rumah terlihat sangat simpel menyatukan setiap ruangan tanpa potongan.
kembali ke atas


Denah Rumah

Rumah ini terdiri dari satu ruang keluarga, dua kamar tidur, dan kamar mandi. Ruang makan dan dapur yang sebenarnya tidak ada dalam denah rumah asli disisipkan dalam rumah dengan memanfaatkan sudut kosong yang tersisa. Meskipun lahan yang tersedia terbilang minim, keberadaan taman di belakang rumah sebagai sumber pencahayaan dan ventilasi dalam rumah, tidak dihilangkan. Pintu kamar mandi menghadap ke luar, ke taman belakang.

kembali ke atas


Ruang Utama

Ruang utama dalam rumah ini adalah sebuah ruangan berukuran 2.75 x 3.25 m2. Karena keterbatasan tempat, ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan dipadukan menjadi satu. Rak besar multifungsi disiapkan untuk menampung semua kebutuhan. Rak dibuat dengan berbagai warna.


Coklat muda, kuning dan hijau digunakan untuk memberi kesan ceria namun tetap alami. Terdapat lemari untuk menyimpan buku ataupun pajangan di bagian paling kiri rak. Di sebelahnya disediakan kayu untuk tempat menempelkan televisi. Rak di bawah televisi cukup besar untuk dapat menyimpan berbagai media elektronik. Di sebelahnya, disediakan ruang kosong yang cukup untuk kulkas satu pintu.

Sisi lain rak diberikan meja berukuran 50 x 100 x 60 cm untuk ruang makan. Saat tak digunakan, kursi dapat dimasukkan dalam meja. Di bawah meja, terdapat lemari untuk menyimpan barang dapur yang jarang dipakai. Rak untuk menyimpan peralatan makan dan bumbu-bumbu botol terdapat di sudut meja makan. Rak di atasnya dapat digunakan untuk menyimpan alat dapur lainnya. Cermin dipasang di meja makan untuk memberi kesan luas pada ruangan.


Ruang keluarga diisi satu sofa kecil berukuran 135 x 65 x 70 cm berwarna coklat muda yang senada dengan lemari.



kembali ke atas

Dapur

Sisi kosong dekat pintu belakang berukuran 115 x 125 cm dimanfaatkan sebagai dapur. Terdapat sink satu lubang dan kompor tanam kecil. Kitchen set atas bawah dibuat dengan warna senada dengan lemari di ruang keluarga.

kembali ke atas


Kamar Tidur Utama

Kamar tidur utama didominasi warna salem untuk memberi kesan hangat namun tetap ceria. Di kamar yang hanya berukuran 2.75x2.95 diletakkan tempat tidur ukuran 160x200, nakas kecil dan lemari ukuran 800x 60x200 cm. Di atas tempat tidur terdapat cermin kecil memanjang dan dua lukisan bunga minimalis sebagai hiasan.
kembali ke atas


Kamar Tidur Anak

Kamar tidur anak berukuran 2.4 x 2.75. Di kamar ini dipilih paduan warna cerah merah dan putih. Di kamar sekecil ini, agar  kebutuhan tidur dua anak dapat terpenuhi, digunakan tempat tidur bertingkat.


Meja belajar, rak buku dan lemari baju dibuat seefisien mungkin. Cermin diletakkan di belakang meja belajar untuk memberi kesan luas.



kembali ke atas


Kamar Mandi

Kamar mandi yang berukuran 1.15 x 1.5 hanya diisi kloset dan keran tanpa bak mandi agar lebih luas.


kembali ke atas


Taman Belakang

Taman di belakang rumah berukuran 3.25 x 2.95. Cukup besar untuk ditempatkan ayunan kecil, satu pohon besar dan beberapa bunga.


Demikian contoh desain rumah tipe 25 tanah 60 m2 dengan dua kamar tidur versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu anda yang sedang ingin membangun rumah mungil dengan dua kamar tidur.
kembali ke atas

0 comments:

Post a Comment