Searching...

Desain Rumah Tipe 54 Tanah 84 ( lantai, 3Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

Memenuhi Semua Kebutuhan akan Ruang dalam Rumah di Tanah Terbatas

Siapa bilang di tanah terbatas semua kebutuhan akan ruang yang kita inginkan dalam sebuah rumah tidak bisa kita dapatkan? Dengan penataan yang baik, tanah berukuran 7x12m pun mampu mengakomodir semua kebutuhan akan ruang di sebuah rumah mungil. Rumah dengan luas bangunan 54 m2 atau yang lebih dikenal dengan rumah tipe 54, di atas tanah seluas 84 m2 ini mampu menghadirkan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, satu kamar mandi dan tiga buah kamar tidur serta taman di belakang rumah.

Tampak Luar
Denah Rumah
Ruang Tamu
Ruang Keluarga
Dapur
Ruang Makan


Tampak Luar

Desain modern minimalis tanpa terlalu banyak ornamen sengaja dipilih untuk membuat rumah ini tampak lebih simpel namun tetap nyaman ditinggali.

Di halaman depan rumah, terdapat carport berukuran 2,75x4,5m. Di sebelah carport, terdapat dua teras, yakni teras ruang tamu dan ruang dapur yang letaknya berdekatan. Untuk membedakannya, teras ruang tamu dibuat lebih tinggi dan sebagai pemisah, dibuat kolom-kolom kecil diantara keduanya.
rumah mungil tipe 54
desain rumah mungil tipe 54
kembali ke atas


Denah Rumah


Ruang tamu dan ruang keluarga disiapkan di ruang berukuran 2,5x5m di bagian tengah rumah. Dapur berukuran 1,75x2m terdapat di sisi kiri ruang tamu. Di belakang dapur terdapat sedikit sisa ruang untuk ruang makan.

Terdapat tiga kamar tidur di rumah ini. Ketiganya berukuran 2,75x3m. Dua kamar tidur menghadap ke taman di bagian belakang rumah dan satu kamar tidur menghadap ke carport. Kamar mandi diletakkan di antara dua kamar tidur di sisi kanan rumah.

Berikut denah rumahnya

desain rumah mungil tipe 54

desain rumah mungil tipe 54
kembali ke atas


Ruang Tamu

Ruang tamu berukuran 2,5 x 2,5. Cukup kecil memang. Namun dengan penataan yang baik, ruang ini bisa terasa cukup memadai. Plafon dibuat lebih tinggi dari ruang lain, yakni 3,5 m agar ruang terlihat lebih luas. Jendela yang cukup besar  di sebelah pintu ditambah jendela kaca di bagian atas mampu memberikan pencahayaan yang cukup. Ruang ini sengaja tidak diberikan meja tamu di bagian tengah. Sebagai gantinya, cukup diberikan meja sudut berukuran 50 x 50 x 60 cm. Dan untuk kursi, dipakai sofa love seat, ukuran 70 x 140 x 70 cm dan futton sofa ukuran 50 x 50 x 50 cm.

ruang tamu mungil minimalis
kembali ke atas


Ruang Keluarga

Sebagai batas antara ruang tamu dan ruang dalam digunakan sekat tipis yang terbuat dari kayu. Ruang keluarga dibuat sesimpel mungkin dengan sofa love seat ukuran 70 x 140 x 70, karpet kecil, dan rak tv kecil. Pintu kaca geser lipat yang membatasi ruang keluarga dan taman diharapkan mampu memberikan pencahayaan memadai. Untuk menambah kesan alami, pintu kaca geser lipat bisa dibuka penuh agar udara di taman senantiasa bertukar dengan udara di dalam rumah.

ruang tamu mungil minimalis
kembali ke atas


Dapur

Dapur mungil terletak di sisi kiri ruang tamu. Dapur ini berukuran 1,75x2m dan memiliki akses langsung keluar rumah. Terdapat sink 1 lubang, dan tempat untuk kompor tanam. Kitchen set atas bawah dibuat untuk memaksimalkan penyimpanan berbagai peralatan dapur. Kulkas diletakkan di sisi kanan dapur dan merupakan pembatas antara dapur dengan ruang makan.

dapur mungil minimalis
kembali ke atas


Ruang Makan

Ruang makan yang tersedia cukup kecil, namun mampu menampung meja berukuran 80x120 x 80 cm dan 4 buah kursi makan. Meja makan diletakkan menempel ke dinding. Agar ruang terasa lebih luas, ditempatkan cermin di atas meja makan.
ruang makan mungil minimalis
pintu


Demikian contoh desain rumah tipe 54 tanah 85 m2 versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu anda yang sedang ingin membangun rumah mungil dengan tiga kamar tidur.
kembali ke atas
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment