Searching...

Renovasi Rumah Tipe 36 Tanah 90 (2lantai, 2Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

Nuansa Coklat yang Menawan di Rumah Hasil Renovasi Si Pecinta Buku

Rumah tipe 36 dengan luas tanah 90 m2 menjadi rumah yang paling diminati oleh pasangan muda saat ini. Selain karena harganya yang jauh lebih murah, ukuran rumah yang mungil juga memudahkan pasangan muda dengan mudah mengatur segala sesuatu dalam rumah. Saat awal ditempati, rumah ini mungkin dirasa sudah mencukupi kebutuhan akan rumah. Namun dengan bertambahnya anggota keluarga bukan tidak mungkin renovasi besar-besaran dibutuhkan.


Denah rumah awal
Denah rumah hasil renovasi lantai 1
Denah rumah hasil renovasi lantai 2
Tampak luar rumah hasil renovasi


Denah rumah awal

Kali ini RUMAH mungil KITA akan membahas renovasi rumah tipe 36 di atas tanah berukuran 6x15m. Rumah awal terdiri dari satu ruang utama berukuran 3x4,5m dengan plafond yang cukup tinggi, yakni 4,8m, dua kamar tidur berukuran 3x3m, dan satu kamar mandi. Di bagian depan rumah terdapat tanah kosong berukuran 4,5x6 mdan di belakang rumah terdapat sisa tanah 3x6m.
Berikut denah awalnya
denah awal renovasi rumah tipe 36
kembali ke atas


Denah rumah hasil renovasi lantai 1


Renovasi rumah ini terbilang cukup unik. Hanya dilakukan renovasi ke "atas", yakni dengan menambah lantai. Lantai dua rumah pun nampak sama dan sebangun dengan rumah awal. Hanya saja teras depan dan belakang di lantai satu dijadikan sebagai ruangan di lantai dua. Rangka atap dan genteng yang digunakan di rumah hasil renovasi sama dengan rumah awal karena tidak ada perubahan bentuk atap disini.
Yang menarik dari renovasi ini adalah pembagian secara  vertikal ruang utama yang memiliki tinggi plafond awal 4,8 m menjadi 2 lantai, yakni lantai bawah dengan tinggi plafond hanya 1,8 m untuk area servis dan sisa ruang di atasnya sebagai ruang utama.
Di area servis yang terletak di "bawah" ruang utama ditempatkan gudang di bawah teras depan, dapur dan kamar pembantu di bawah ruang tamu, serta kamar mandi di bawah teras belakang.
denah hasil renovasi rumah tipe 36
 denah hasil renovasi rumah tipe 36

"Peninggian" ruang tamu inilah yang membuat desain rumah ini menjadi begitu menarik. Seperti terdapat "banyak" lantai di rumah ini dan setiap ruangan ditempatkan di "lantai" berbeda. Di lantai satu, kamar di depan dibongkar dijadikan tambahan carport, kamar mandi yang sebelumnya terletak di antara kedua kamar dibongkar dijadikan area tangga, dan kamar belakang dijadikan dapur dan ruang makan. Kolam renang mungil ditempatkan di sisa tanah berukuran 3x6m yang terletak di belakang rumah.
Di lantai satu "setengah" terdapat ruang tamu, teras depan dan teras belakang. Teras depan dan carport dihubungkan oleh tangga di area taman.


Denah rumah hasil renovasi lantai 2


Di lantai dua, terdapat dua kamar tidur yang diletakan persis sama dengan posisi kamar tidur pada rumah asal. Area landai di tengah-tengah tangga menjadi tempat diletakkannya pintu ke kedua kamar.
Lantai dua "setengah" diisi kamar tidur utama berukuran 3x4,5m, kamar mandi dan ruang kerja.
Hal menarik lain dari rumah ini adalah penampakan rumah yang nyaris seperti tanpa kamar mandi. Ya, dua pintu kamar mandi utama di rumah ini diletakkan tersembunyi di belakang lemari besar.
denah hasil renovasi rumah tipe 36
kembali ke atas


Tampak luar rumah hasil renovasi


Dari luar, rumah hasil renovasi tampak tidak berbeda jauh dengan rumah asal. Dinding di depan kamar tidur diberi ornamen batu alam sama seperti kamar pada rumah awal. Kolom-kolom berjajar di teras yang semula ada pada ruamah awal tetap ada di tampak depan rumah hasil renovasi. Agar serasi, jendela di lantai dua di atas teras diberi ornamen senada, berupa garis memanjang. Dinding di sisi kanan jendela diberi batu alam yang sama dengan dinding di kamar bawah. Atap rumah sama persis dengan atap rumah awal.

tampak luar hasil renovasi rumah tipe 36

kembali ke atas

Penataan rumah keseluruhan dapat disimak di
Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 36 Lantai Satu dan di
Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 36 Lantai Dua untuk lantai dua.

0 comments:

Post a Comment