Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 36 Tanah 90 (Lantai 1)

Nuansa Coklat yang Menawan di Rumah Hasil Renovasi Si Pecinta Buku

Melanjutkan artikel sebelumnya, Renovasi Rumah Tipe 36 Tanah 90, RUMAH mungil KITA akan membahas contoh penataan dan penempatan barang yang efisien di rumah hasil renovasi tersebut. Kecintaan pemilik rumah akan warna coklat kayu yang terkesan natural tertuang dalam pemilihan perabot dan dekorasi yang terdapat dalam rumah. Selain itu, kegemaran membaca pemilik rumah dituangkan dalam penempatan beberapa rak buku dan lemari besar di hampir tiap sudut rumah. Kegemaran lainnya yakni berenang dituangkan dengan menghadirkan kolam renang di sedikit sisa tanah yang terdapat di belakang rumah.


Denah Rumah
Ruang Tamu
Ruang Makan dan Pantry
Kolam Renang
Kamar Mandi
Dapur Kotor

Denah Rumah


Seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, denah rumah ini terkesan unik karena menampilkan "banyak" lantai. Di area servis ditempatkan kamar mandi dan dapur kotor, di lantai satu terdapat ruang makan dan dapur sedangkan lantai satu setengan terdapat ruang tamu. Di belakang rumah, sisa tanah 3x6m dibuatkan kolam renang mungil.
denah renovasi rumah tipe 36

kembali ke atas


Ruang Tamu

Nuansa cokelat kayu yang natural langsung terasa saat memasuki ruang tamu mungil ini. Hanya terdapat satu sofa berukuran 2x08x0,8m di ruang ini. Di belakang sofa diberikan papan kayu untuk menambah kesan alami. Diatasnya diletakkan lukisan bergambar nuansa pedesaan di masa lalu. Cermin memanjang diletakkan di sisi kiri dan kanan papan. meja kayu dan karpet coklat juga diletakkan di ruang ini.
ruang tamu mungil minimalis
Plafond dibuat lebih tinggi 10cm di bagian tengah.Di sepanjang sisi plafond diletakkan lampu tanam kecil yang mampu memberi efek dramatis dalam rumah.
plafond minimalis
Rak tv dibuat dengan warna senada dengan papan dan sofa. Kayu dengan warna yang lebih tua di bagian belakang rak tv dan kayu dengan warna yang lebih muda sebagai meja untuk meletakkan tv. Cermin di satu sisi dan rak gantung mungil di sisi lain ditambahkan untuk mempecantik tampilan rak.
rak tv minimalis
Di samping rak tv terdapat tangga. ke bawah menuju ruang makan dan ke atas menuju kamar tidur. Area kosong di depan tangga dijadikan "perpustakaan mini" dengan ditempatkannya rak buku besar berisi berbagai macam buku. Pintu kaca di sisi kiri rak langsung mengarah ke teras di dekat kolam renang. Kursi santai diletakkan di teras yang bisa dijadikan tempat untuk membaca buku.
rak buku mungil

kembali ke atas


Ruang Makan dan Pantry

Ruang makan dapat diakses melalui tiga jalan, yakni melalui pintu yang menghubungkannya langsung dengan carport, melalui tangga dari ruang tamu dan melalui pintu belakang yang menghubungkannya dengan kolam renang. Saat memasuki ruang makan dari pintu carport, di sebelah kanan pintu akan tampak tangga dan pantry kecil dengan kompor tanam dan wastafel yang diletakkan di bawah tangga. Sedang di sebelah kiri pintu diletakkan rak mungil dengan lukisan bunga di atasnya.
dapur dan ruang makan mungil minimalis
Dua lemari besar diletakkan tepat disamping pantry. Satu berfungsi sebagai lemari, dan satu berfungsi sebagai penyamar pintu kamar mandi.
pantry dan ruang makan mungil minimalis
Meja makan diletakkan di dekat jendela besar yang mengarah langsung ke kolam renang. Di belakang meja makan diletakkan cermin yang cukup besar yang mampu memberi kesan lebih luas pada ruangan. Terdapat pintu kaca geser lipat yang menghubungkan ruang makan langsung ke kolam renang sehingga pemilik rumah dapat merasakan nikmatnya makan sambil berenang.
ruang makan mungil minimalis

kembali ke atas


Kolam Renang

Meskipun kecil, tanah berukuran 3x6m di belakang rumah ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk dijadikan kolam renang mungil. Sisi kolam yang berdekatan dengan tangga dibuat tidak terlalu dalam. Lampu taman yang menempel ke dinding diletakkan di sepanjang tembok belakang kolam. Kolam ini memiliki akses langsung ke ruang makan melalui pintu kaca dan akses ke teras belakang melalui tangga. Di sisi kanan kolam masih terdapat sedikit ruang kosong untuk ditempatkan kursi santai.
kolam renang mungil

kolam renang mungil

kembali ke atas


Kamar Mandi

Kamar mandi di lantai 1 rumah ini tersembunyi di belakang lemari besar di pantry. Kamar mandi terletak persis di bawah teras belakang. Ukuran kamar mandi ini lumayan besar yakni 1,5x3m dengan plafond cukup rendah, tidak sampai 2m. Area kamar mandi basah dan kering dipisahkan dengan pintu kaca. warna coklat muda mendominasi warna kamar mandi.
kamar mandi mungil minimalis

kembali ke atas


Dapur Kotor

Dapur kotor terletak persis di bawah ruang tamu. Ukurannya 3x3m dengan tinggi plafond tidak sampai 2m. Tidak ada hal istimewa di dapur ini, hanya sebaris kitchen set bawah tanpa kitchen set atas, kompor tanam, sink 2 lubang dan kulkas. Di sisi kiri dapur terdapat pintu ke kamar pembantu dan di sisi kanan dapur terdapat pintu ke arah gudang.
dapur mungil

kembali ke atas
Penataan lantai 2 dari rumah ini dapat dilihat di Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 36 Tanah 90.

0 comments:

Post a Comment