Searching...

Desain Rumah Tipe 45 Tanah 90 (1 lantai, 3 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi)

Abu-abu yang Tenang di Rumah Tipe 45 dengan 3 Kamar Tidur


Dana terbatas dan sulitnya lahan membuat pasangan muda umumnya memilih rumah mungil, tipe 45 salah satunya. Namun, rumah dengan luas bangunan di bawah 50 umumnya hanya memiliki dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Bagi pasangan muda yang sudah memiliki dua putra dan putri, rumah dengan hanya dua kamar tidur tentunya tidak cukup memadai. Sebenarnya dengan penyusunan ruang yang baik, tipe 45pun bisa dibuat sedemikian rupa sehingga di dalamnya bisa terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dan dapur. Tentunya dengan keterbatasan lahan, ruang yang ada dibuat dalam ukuran lebih mungil, naamun tetap terasa nyaman untuk ditempati. Berikut contoh desain rumah tipe 45 dengan tiga kamar tidur.



Tampak Luar
Denah Rumah
Ruang Tamu
Ruang Makan dan Dapur
Kamar Tidur Anak
Kamar Tidur Utama
Kamar Mandi
Taman



Tampak Luar


Dari luar rumah ini nampak begitu simpel. Warna abu-abu yang tenang dan menentramkan mendominasi keseluruhan isi rumah termasuk bagian depan rumah. Batu alam berwarna senada menghiasi fasad depan rumah. Dari luar, lebar rumah 7,5m nampak terbagi menjadi tiga ruangan, dua kamar dengan model yang simetris di kanan dan kiri serta ruang tamu di bagian tengah rumah. Warna putih dipilih sebagai warna jendela dan pintu.
rumah tipe 45

kembali ke atas


Denah Rumah


Dengan luas 90m2, tanah berukuran 7,5x12m ini dibuat seefisien mungkin menjadi tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dan dapur. Kamar tidur utama terbilang cukup luas, berukuran 3x3,5m, terletak di belakang rumah, menghadap ke taman belakang. Dua kamar tidur anak berukuran mungil yakni 2,5x2,5 m terletak di sisi kanan di kiri ruang tamu. Ruang tamu, ruang makan da dapur dipadu dalam satu ruangan berbentuk L dengan panjang 5m dan lebar 4m. Jendela besar memenuhi bagian depan ruang tamu, sedang di bagian belakang, pintu kaca geser lipat dan jendela besar menghubungkan ruang makan dengan taman di belakang rumah. Banyaknya jendela besar di setiap ruangan dalam rumah mampu memberikan pencahayaan memadai di siang hari. Di depan rumah masih tersedia tanah berukuran 5x7,5 m untuk taman dan carport. Sedangkan taman di belakang rumah berukuran 3x4m. Kolam mungil minimalis menghiasi taman di belakang rumah.
denah rumah tipe 45
denah rumah tipe 45


kembali ke atas>


Ruang Tamu


Ruang tamu terbilang sangat mungil. Hanya berukuran 2,5x1,5m. Karenanya ruang ini dibuat tanpa sekat dengan ruang lainnya. Warna abu-abu yang memberi kesan suasana yang stabil dan luas mendominasi ruang ini. Satu sofa L mungil berukuran panjang 1,3m dan lebar 1,3m dengan kedalaman kursi 0,7m diletakkan di sudut ruangan.Sedikit sentuhan warna merah yang ceria dan hitam yang memikat dihadirkan pada bantal dan lukisan sebagai pemanis ruangan. 
ruang tamu mungil minimalis
Cermin besar diletakkan di dekat pintu masuk, selain memberi kesan luas, penempatan cermin ini juga dimaksudkan untuk mempercantik ruangan, dan meningkatkan energi positif di ruang yang terbilang mungil ini. Penempatan cermin ini juga diharapkan mampu mengalihkan pandangan tamu dari sudut dapur yang memang nampak jelas dari ruang tamu.
cermin minimalis
Agar ruang terlihat lebih luas dan unik, plafon dibuat seperti melayang. Bagian tengah plafond sengaja dibuat lebih rendah daripada bagian tepi plafond. Plafond di tempat di mana lampu terpasang dibuat sama tinggi dengan bagian tepi plafond. Lampu tanam diletakkan sepanjang tepi plafond yang terletak lebih tinggi. Hasilnya, didapatkan efek pencahayaan yang sangat dramatis. Terlihat sangat terang di bagian atas dinding dan semakin ke bawah cahaya yang terpantul ke dinding semakin redup. Lampu tanam juga dipasang di tepi plafond yang lebih tinggi di sekitar lampu hias. Hasilnya, plafond nampak seperti melayang di atas cahaya lampu.
plafond minimalis

kembali ke atas


Ruang Makan dan Dapur


Karena keterbatasan tempat, ruang makan dan dapur dibuat menyatu dengan ruang tamu, tanpa sekat. Rak tv mungil yang terletak di dinding di antara pintu kamar dan pintu kamar mandi menjadi batas pemisah antara ruang tamu dan ruang makan. Di belakang rak ini diberikan cermin agak gelap yang mampu memantulkan keadaan sekitar namun tetap memberi kesan dominan abu-abu dalam ruangan. Di atas rak tv ditempatkan rak gantung mungil. Berbagai pajangan seperti bingkai foto, vas bunga dan lilin diletakkan di atasnya.
rak minimalis
Ruang makan mungil ini diisi satu meja makan bundar dengan diameter 90cm, dan empat buah kursi makan mungil dengan warna dominan hitam dan sedikit abu-abu. Ruang makan mungil ini terlihat lebih luas dengan adanya pintu kaca dan banyak jendela besar yang menghubungkannya langsung dengan taman belakang. Pintu kaca bisa dibuka lebar sehingga pemilik rumah senantiasa mendapatkan suasana alami saat sedang bersantap.
ruang makan mungil minimalis
Dapur yang menyatu dengan ruang tamu dan ruang makan menjadikan ruang ini harus selalu tampak bersih dan sedap dipandang. karena itu, kitchen set atas bawah ditempatkan di dapur ini agar berbagai peralatan dapur dapat disusun dengan baik. Senada dengan warna lain di ruang ini, warna abu-abu juga mendominasi dapur ini. Dapur terlihat simpel, hanya terdapat kompor tanam dan sink satu lubang. Kulkas diletakkan di ujung kitchen set di dekat pintu kamar.
dapur mungil minimalis

kembali ke atas>


Kamar Tidur Anak


Dominasi abu-abu dengan sedikit warna hitam dan putih begitu terasa di kamar anak. Tempat tidur diletakkan di sudut ruangan di dekat jendela, di atasnya diletakkan panel abu-abu glossy yang mampu memantulkan sebagian cahaya. Rak hitam putih minimalis, gabungan rak dengan dan tanpa tutup diletakkan di antara tempat tidur. Di sampingnya, diletakkan lemari satu pintu dari bahan semi glossy. Di sisi lain kamar, dipasang poster besar bernuansa senada.
kamar tidur anak mungil abu-abu

kamar tidur anak lainnya nampak sama dan senada. Tempat tidur diletakkan di sudut ruangan, rak dan lemari semi glossy. Bedanya, di kamar ini disediakan meja untuk belajar. Poster besar juga diletakkan sisi lain kamar tidur.
kamar tidur anak mungil minimalis


kembali ke atas>


Kamar Tidur Utama


Tema abu-abu glossy paling terasa saat memasuki kamar utama.Panel besar dengan bahan abu-abu glossy diletakkan di belakang tempat tidur. Efek yang begitu dramatis langsung terasa. Pantulan cahaya samar menghiasi kamar. Lemari besar diletakkan di sudut kamar. Lemari juga dipilih yang berbahan glossy, di bagian pintu. Nakas di sudut lainnya. Tempat tidur diletakkan di tengah ruangan. Agar ruangan tidak berkesan monoton, sedikit warna ceria, merah, ditambahkan pada bantal dan lukisan besar yang terletak di sisi lain kamar.
kamar tidur abu-abu


kembali ke atas>


Kamar Mandi


Tidak ada hal istimewa mengenai kedua kamar mandi di rumah ini. Hanya saja, karena ukurannya yang sangat mungi yakni 1,25x1,5m, kamar mandi dibuat tanpa bak. Hanya terdapat kloset dan keran untuk shower. Senada dengan ruang lainnya, warna abu-abu juga digunakansebagai warna utama di kamar mandi.
kamar mandi mungil


kembali ke atas>


Taman


Sisa tanah untuk taman di belakang rumah terbilang cukup besar, yakni 3x4m. Dibuatkan kolam mungil minimalis di tengah-tengah taman berukuran 2x1m. Perpaduan antara batu alam brwarna hitam dan abu-abu menghiasi dinding belakang taman. Agar terlihat rapi dasar taman diberikan batu dengan pola kotak-kotak hitam yang senada dengan kolam. Palem, beberapa bunga dan tanaman beraun lebar disusun dalam pot bunga.
kolam mungil minimalis

kolam mungil minimalis




Demikian contoh desain rumah tipe 45 tanah 90 m2 dengan tiga kamar tidur versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu anda yang sedang ingin membangun rumah mungil dengan tiga kamar tidur.
kembali ke atas

1 comments: