Searching...

Penataan Rumah Tipe 36 Tanah 72 m2 (1 Lantai, 2 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi) (Area Publik dan Semi Privat)

Rumah Tipe 36 dengan Desain Unfurnished yang Natural, Megah dan Menawan


Di artikel sebelumnya, Desain Rumah Tipe 36 tanah 72 m2, RUMAH mungil KITA telah membahas dengan lengkap mengenai rumah tipe 36. Ccontoh rumah tipe 36 di lahan 72 m2 beserta desain eksterior dan denahnya juga sudah dijelaskan dengan sangat detil. Pada aritikel ini RUMAH mungil KITA akan membahas mengenai penataan lengkap tiap ruang dalam rumah ini. Senada dengan eksterior rumah, interior rumah juga dibuat unfurnished dengan menampilkan batu bata dan semen ekspos pada beberapa bagian rumah. Parket kayu sebagai lantai keseluruhan rumah menambah kesan natural di rumah ini.



Denah Rumah
Teras
Ruang Keluarga
Ruang Makan dan Dapur
Kolam Mungil

Denah Rumah


Di depan rumah terdapat tanah berukuran 3x4 m untuk taman mungil, 3x4,5 m untuk carport dan 1x3 m untuk teras. Teras dialihfungsikan sebagai ruang tamu untuk tamu yang tidak terlalu dekat. Masuk ke adalam rumah, terdapat ruang berukuran 3x3m yang berfungsi sebagai ruang keluarga. Ruang keluarga berhubungan langsung dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi dan ruang makan yang menyatu dengan dapur mungil. Di belakang rumah terdapat tanah berukuran 2x3,75 yang dimanfaatkan untuk kolam mungil.

rumah tipe 36 tanah 72, 1 lantai, 2 kamar tidur

Kamar di bagian depan rumah berukuran 3x3m untuk kamar utama, sedangkan kamar di bagian belakang rumah berukuran 2,25x3,5 untuk kamar anak. Kamar mandi berukuran 1,25x1,5 m dan dapur yang menyatu dengan ruang makan berukuran 2,5x3m. Berikut penjelasan lengkap tiap ruangan di rumah ini.

kembali ke atas

Teras

Teras di rumah ini cukup mungil, hanya berukuran 1,5x3 m. Teras dan carport dibatasi oleh sebaris dinding berwarna merah dengan lubang pada bagian tengah dan ujung atas dinding mengerucut. Teras merupakan bagian dari fasad depan rumah yang full furnished, keseluruhan bagian teras di cat dengan warna putih.
teras dialihfungsikan sebagai ruang tamu

Teras diisi dua kursi dengan satu meja mungil di tengahnya. Rotan sintetis dipilih sebagai bahan utama perabot di teras agar tetap awet meskipun sering terkena panas dan hujan. Teras merupakan pengganti ruang tamu di rumah ini. Tamu "luar" atau yang tidak begitu dekat diterima di teras rumah. Hanya tamu dekat yang boleh masuk ke dalam rumah.

kembali ke atas

Ruang Keluarga


Nuansa natural yang hangat sangat terasa di ruang keluarga berukuran 3x3m ini. Beberapa bagian dinding sengaja dibuat unfurnished. Batu bata ekspos di satu sisi, semen ekspos dengan teknik kamprot di sisi lain dan bagian lainnya di cat dengan warna putih. Agar nampak lebih alami seluruh bagian lantai di rumah ini ditutup dengan parket kayu.

ruang keluarga unfurnished dengan batu bata ekspos dan sofa merah

Sofa dengan warna merah menyala sengaja dipilih untuk menghidupkan ruangan ini. Beberapa lukisan digantung di sisi kanan dan kiri sofa. Rak gantung yang berfungsi sebagai rak buku dan pajangan ditempatkan di bagian atas sofa.

ruang keluarga unfurnished dengan batu bata ekspos dan sofa merah

Dua kursi kotak yang terbuat dari anyaman rotan sintetis ditempatkan di dekat jendela. Rak tv mungil ditempatkan di sisi lain ruangan. Cermin bsar ditempatkan di belakang rak tv membuat ruangan terasa lebih panjang ke belakang.

plafond dengan papan kayu

Nuansa alami juga terasa di bagian langit-langit rumah. potongan papan berukuran 7x60 cm disusun berjajar membentuk sembilan kotak berukuran 60x60 yang disusun membentuk satu kotak besar berukuran 1,8x1,8 m dengan posisi saling tegak lurus. Lampu hias klasik ditempatkan di tengah-tengah papan.

dapur dan ruang makan nampak dari ruang keluarga

Ruang keluarga memiliki akses langsung ke kedua kamar tidur, kamar mandi dan dapur yang menyatu dengan ruang makan. Dapur dan ruang makan sedikit terlihat dari ruang keluarga.

kembali ke atas

Ruang Makan dan Dapur


Ruang berukuran 2,5x3 m di bagian belakang rumah ini berfungsi ganda, yakni sebagai ruang makan sekaligus dapur. Ruangan ini juga sengaja dibuat unfurnished. Sisi dinding di belakang meja makan dibiarkan dalam bentuk batu bata ekspos sedang sisi dinding lainnya dibiarkan dalam bentuk semen dengan teknik kamprot. 

dapur dan ruang makan unfurnished dengan kitchen set merah

Ruang berukuran 2,5x3 m terbilang cukup mungil untuk memiliki dua fungsi sekaligus. Untuk mensiasatinya, meja makan dibuat dalam bentuk minibar dan ditambahkan di sudut kitchen set. Tiga kursi tinggi mungil dibuat mengelilinginya. Agar terlihat lebih cantik, di atas minibar ditambahkan papan dengan tiga lampu mungil. Warna merah dan sedikit warna putih dipilih sebagai warna utama kitchen set dan mini bar di rumah ini. Warna ini terbukti mampu menghidupkan ruangan dan membuatnya tetap terlihat modern meskipun dinding dalam ruangan dibuat unfurnished. Cermin dan beberapa lukisan juga ditambahkan agar ruangan terlihat lebih luas dan tidak terkesan kaku.

dapur dan ruang makan unfurnished dengan kitchen set merah

Untuk dapur, kompor tanam, sink dan lemari es disusun berjajar. Penghisap asap ditempatkan di atas kompor, rak dengan lubang pada bagian bawah untuk piring basah ditempatkan di atas kitchen sink dan microwave ditempatkan di atas lemari es. Kitchen set atas dibuat memanjang sampai ke langi-langit sehingga memungkinkan penyimpanan lebih banyak barang.

dapur dan ruang makan unfurnished merah

Dapur dan ruang makan berhadapan langsung dengan kolam mungil di belakang rumah. Pintu kaca geser lipat bisa dibuka lebar untuk memungkinkan sirkulasi memadai di rumah ini.

kembali ke atas

Kolam Mungil

Sisa tanah di belakang rumah terbilang sangat mungil, hanya berukuran 2x3,75 m. Di sisa tanah ini dibuatkan kolam mungil berukuran 1x2,5 m. Agar terlihat alami tanpa memakan banyak biaya, batu alam yang biasanya ditempatkan di sepanjang kolam, diganti dengan semen ekspos dengan teknik kamprot. Empat anak tangga ditambahkan di sudut kolam sebagai jalan untuk air terjun bertingkat mini. Beberapa lampu di atasnya mampu memberikan efek dramatis pada kolam.

kolam mungil minimalis

Sedikit sisa tanah di sudut kolam dibuatkan taman mungil. Batu koral ditempatkan sebagai dasarnya. Beberapa pot dengan tanaman berbeda menghiasi taman mungil ini.

kolam mungil minimalis


kembali ke atas
Demikian penataan area publik dan semi privat rumah tipe 36 tanah 72 versi RUMAH mungil KITA. Penataan area privat (kamar tidur) rumah ini, dapat disimak pada artikel Penataan Rumah Tipe 36 Tanah 72 (Area Kamar Tidur).

4 comments:

  1. kapan ya saya punya rumah semewah ini, rumah saya sekarang sudah mewah (mepet sawah maksudnya) wk.. wk..wk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini rumah tipe kecil kok, cuma 36. Tp karena penataannya aja jd keliatan besar.
      Aamiin, moga2 bisa cepet dapet rumah besar ya. :d
      Trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Mbak, aku ini pasangan baru. baru menikah :))
    Kita beli rumah di area cluster tipe 36 tanah 70.
    Desain standartny dr developerny itu, 2 kamar tidur, 1 toilet, dan 1 ruang loss. belum ada dapur. ;-(
    pintu masuk sebelah kanan menuju ruang loss. sebelah kiri ada kamar 1, toilet, dan kamar 2. jadi toilet diapit oleh 2 kamar. pintu toilet menghadap ke arah ruang loss.
    tolong didesainkan donk mbak =)) agar rumahku nnti trlihat agak luas. kita berdua juga pecinta buku mbak :>) jd stok buku yg akan dimasukkan ke rumah baru jg cukup banyak ;-( kira2 seperti apa mbak desain yg pas agar barang2 kami bisa tertata dengan apik dengan kesan yg luas?
    kalau memang harus berlantai 2 juga gpp mbak. hehehe.. terima kasih bny sebelumnya mbak =)) :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims ya mbak sudah mau berkunjung di sini. Salam kenal.
      boleh mbak kalau mau didesainkan. :) ingin ditambahkan ruang apa aja? tanah di depan dan di blkg rumah panjangnya brp? mungkin bisa langsung kirim email aja mbak ke ardefarifani@gmail.com

      Delete