Searching...

Lebih Lega dengan Penempatan Cermin yang Tepat

Melanjutkan dua artikel sebelumnya, Tips Pengaplikasian Cermin di Rumah Mungil dan Lapang dengan Cermin di Rumah Mungil, yang membahas tuntas tentang cermin, manfaatnya bagi rumah mungil dan tips peletakkannya, artikel ini akan menampilkan beberapa contoh pengaplikasian cermin di rumah mungil.

Seperti yang telah dijelaskan pada dua artikel sebelumnya, cermin memiliki banyak manfaat bagi rumah mungil. Penempatan yang tepat dapat membuat rumah terasa jauh lebih luas dan lebih nyaman ditempati. Berikut beberapa contoh penempatan cermin yang sebelumnya pernah dibahas di RUMAH mungil KITA.

Satu cermin besar

Penempatan satu cermin besar bisa menggandakan ruangan. Misalnya saja
  • Di ruang tamu, penempatan cermin besar di belakang sofa membuat seperti ada ruang lain di belakang sofa, peletakkan cermin di dekat partisi membuat partisi nampak dua kali lebih panjang
cermin besar di ruang tamu
  • Di kamar tidur penempatan cermin besar di belakang tempat tidur membuat seperti ada ruang lain di kamar tidur, cermin di dekat lemari membuat lemari tampak dua kali lebih besar

cermin besar di kamar tidur

  • Di ruang makan penempatan cermin di sudut meja makan membuat meja makan terlihat dua kali lebih panjang dari ukuran sebenarnya

cermin besar di ruang makan

  • Cermin besar di dekat dinding ruang keluarga membuat dinding terlihat dua kali lebih panjang

Cermin besar di ruang keluarga

Dua cermin besar menyiku

Dua cermin besar yang ditempatkan saling tegak lurus dapat membentuk tiga bayangan tambahan sehingga ruangan terasa empat kali lebih luas.

dua cermin besar menyiku membentuk 3 bayangan tambahan

Dua cermin besar saling berhadapan

Dua cermin besar yang diletakkan saling berhadapan dapat membentuk bayangan dengan jumlah tak terhingga. Misalnya peletakkan cermin di sisi kanan dan kiri kitchen set ini membentuk banyak bayangan kitchen set sehingga kitchen set nampak sangat panjang tanpa batas.

cermin di kanan kiri kitchen set membuat dapur nampak tanpa batas

Dari samping kitchen nampak sangat panjang tanpa batas.

dapur nampak tanpa batas

Beberapa cermin kecil berdekatan

Jika ingin mendapatkan bayangan memadai dengan biaya minimal, beberapa cermin dengan ukuran lebih kecil yang ditempatkan berdekatan bisa jadi solusi. Misalnya pada ruang makan ini, tiga cermin kecil memanjang ditempatkan bersebelahan sehingga nampak seperti satu cermin besar.

tiga cermin berdekatan di ruang makan

Cermin sebagai "pintu"

Ide lain penempatan cermin adalah menempatkan cermin seukuran pintu atau beberapa cermin kecil tanpa tepi disusun ke atas seukuran pintu di satu sisi dinding. Dengan cara ini cermin sekilas nampak seperti pintu menuju "ruang lain"

sekilas cermin seperti pintu menuju ruang lain

Cemin memanjang di sampin tempat tidur ini mengesankan terdapat ruang lain di belakang tempat tidur

cermin seperti pintu menuju ruang lain

Cermin pada lemari

Jika area pada ruangan tidak memungkinkan untuk dipasangi cermin, coba pilih perabot dengan cermin, misalnya lemari dengan pintu cermin. Seperti lemari berikut ini, tanpa perlu banyak aksen, lemari ini justru tampil lebih menarik dengan seluruh permukaan pintunya dilapisi cermin. Kamar terlihat lebih lega

cermin pada pintu lemari

Kamar mungil ini nampak simpel namun tetap rapi. Keberadaan lemari disamarkan oleh cermin pada pintu lemari sehingga yang tampak adalah lorong menuju pintu lain.

cermin pada pintu lemari

Lorong sempit di ruangan ini tidak dibiarkan begitu saja. Penambahan lemari tidak lantas membuat lorong terasa lebih sempit. Cermin sengaja ditempatkan di seluruh pintu lemari.

cermin ditempatkan pada pintu lemar yang terdapat di lorong

Cermin pada kitchen set

Untuk rumah mungil dengan dapur kecil, coba tempatkan cermin sebagai backdrop kitchen set. Kitchen set akan terasa lebih luas dan memasak akan jauh lebih menyenangkan karena terasa tidak dilakukan di satu sudut sempit.

cermin pada backdrop kitchen set

Dapur mungil berbrntuk L dengan ukuran 1,5x1,5 m ini terasa lebih lega berkat adanya cermin pada bagian backdrop kitchen set.

cermin pada backdrop kitchen set

Cermin pada Rak TV

Meskipun simpel, rak tv ini tampil manis dengan adanya tambahan cermin memanjang pada salah satu sisinya.
cermin pada rak tv

Cermin di tengah-tengah tangga

Cermin di tengah-tengah tangga seperti ini dapat membuat tangga terasa lebih luas. Selain itu, pantulan yang dihasilkan oleh cermin dapat memberi informasi mengenai apa yang ada di ruang atas maupun ruang bawah sebelum kita mencapai ujung tangga.

Cermin di tengah-tengah tangga

Demikian beberapa contoh peletakkan cermin yang sebelumnya pernah dibahas di RUMAH mugil KITA. Ingin rumah mungil nampak jauh lebih luas? baca juga tips cara "memperluas" rumah mungil lainnya di Tips Membuat Rumah Mungil Terasa Lebih Luas.

0 comments:

Post a Comment