Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 30 Tanah 72 (Lantai 2)

Renovasi Rumah dengan Desain "Siap Banjir"


Penataan rumah lantai satu dan lantai satu setengah rumah ini sedikit berbeda dari rumah kebanyakan. Desain rumah yang memang disiapkan untuk menghadapi banjir yang sebelumnya telah dibahas di Renovasi Rumah Tipe 30 Tanah 72, semakin lengkap dengan penataan barang yang juga siap dibanjiri. Berbeda dengan lantai satu yang kesemuanya dibuat seringan mungkin dan semudah mungkin diangkut seperti yang sebelumnya sudah dibahas di Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 30, lantai satu setengah dan lantai dua rumah ini diisi berbagai barang berat dan barang elektronik. Yang menarik dari rumah ini adalah adanya jendela besar dan pintu di setiap lantai yang berfungsi sebagai "pintu darurat" untuk evakuasi. Berikut pembahasan lengkapnya.

Denah
Tangga
Dapur
Kamar Anak
Ruang Keluarga
Kamar Utama
Kamar Mandi

Denah Rumah


Denah lantai dua rumah ini terbilang cukup unik. Dapur dan kamar tidur anak berada di lantai satu setengah dan dapat diakses dari pertengahan tangga. Sedang di lantai teratas terdapat ruang keluarga, kamar mandi dan kamar tidur utama.

denah 3 dimensi lantai 2 renovasi sia banjir

Dapur cukup mungil hanya beTerdapat jendela besar dan pintu di dapur dan ruang keluarga yang berfungsi sebagai pintu darurat evakuasi banjir. Atap di kamar tidur utama dibuat dari dak beton. Di atasya ditempatkan tandon air yang cukup besar yakni berukuran 2 m3 sebagai tempat menyimpan cadangan air bersih selama terjadi banjir.

kembali ke atas

Tangga


Tangga berbentu U. Lantai dan dinding tangga menggunakan keramik yang sama dengan lantai. Bagian tengah tangga merupakan akses masuk ke lantai satu setengah yang berisi dapur dan kamar tidur anak.

tangga berbentuk u


kembali ke atas

Dapur


Dapur diisi dengan meja dapur berbentuk L yang terbuat dari beton dengan penambahan pintu aluminium. Kitchen set atas juga dipilih yang terbuat dari aluminium.

dapur mungil meja beton

Di dapur ini hanya tersedia tempat untuk kompor gas dan kitchen sink. Sebagian peralatan makan ditempatkan di lantai terbawah, peralatan memasak ditempatkan di kitchen set bawah dan beberapa bahan makanan di kitchen set atas.

dapur L mungil dengan meja beton

Lemari es sengaja tidak ditempatkan di dapur, tetapi di lantai teratas agar sewaktu-waktu terjadi banjir yang cukup besar lemari es berada di tempat yang cukup aman. Jendela di sisi kitchen set cukup besar untuk dapat dilewati saat terjadi banjir.

kembali ke atas

Kamar Anak


Kamar anak yang cukup mungil ini hanya diisi tempat tidur 2 in 1 dan lemari gantung. Dengan cara ini kamar yang cuku mungil dapat ditempati dua anak. Lemari gantung dengan tutup untuk menyimpan baju, sedangkan lemari di bagian tengah untuk menyimpan buku. Jendela di kamar anak menghadap ke kolam di belakang rumah.


kembali ke atas

Ruang Keluarga


Ruang keluarga menjadi pusat aktivitas di rumah ini dan disiapkan sebagai tempat berkumpul saat banjir menghadang. Sofa mungil berbentuk L ditempatkan di sudut ruangan. Agar ruang terlihat manis ditambahakna empat lukisan bunga di bagian atas sofa.


Televisi dan lemari es dietakkan bersebelahan. i sampingnya terdapat pintu keluar menuju teras. Saat musim hujan datang bahan makanan yang tahan lama banyak disiapkan di lemari es. Railing di teras dapat dibuka tutup sebagai jalan keluar evakuasi banjir.

ruang keluarga di lantai dua

kembali ke atas


Kamar utama berukuran 3x3m, diisi satu tempat tidur berukuran 160x200 cm, dan satu lemari besar di sisi kiri kamar tidur, berukuran 2.850x60x2500 cm. Lemari di buat sampai ke plafond dan dijadikan tempat penyimpanan semua barang penting karena area ini merupakan area paling aman dari banjir di rumah ini.

kamar utama

kembali ke atas

Kamar Mandi


Kamar mandi di lantai satu hanya terdiri dari shower dan kloset tanpa bak mandi agar sewaktu-waktu terjadi banjir, kamar mandi cukup mudah dibersihkan. Sedang di lantai dua kamar mandi dibuatkan bak mandi.

kamar mandi


kembali ke atas

0 comments:

Post a Comment