Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 21 Tanah 90 (1lantai, 3Kamar Tidur, 2Kamar Mandi)

Hijau yang Alami dan Menyejukkan di Rumah Hasil Renovasi Tipe 21

Melanjutkan artikel sebelumnya, Renovasi Rumah Tipe 21 Tanah 90, RUMAH mungil KITA akan membahas penataan rumah hasil renovasi tersebut. Hal yang cukup menarik untuk dibahas disini adalah bagaimana mengatur seefisien mungkin setiap furniture dalam rumah ini agar dapat memenuhi semua kebutuhan pemilik rumah mengingat setiap ruangan yang ada di ruang ini berukuran sangat mungil. Senada dengan fasad depan rumah, warna hijau yang alami dan menyejukkan memenuhi hampir setiap bagian rumah. Agar ruangan terlihat lebih luas, warna hijau dipadukan dengan warna putih yang berkesan bersih dan tanpa batas. Penambahan cermin dan beberapa panel glossy berwarna hijau dimaksudkan untuk memberi kesan lebih terang dan lebih luas pada tiap ruangan.



Denah Rumah
Ruang Tamu
Ruang Keluarga
Ruang Makan dan Dapur
Kamar Tidur Anak
Kamar Tidur Utama
Kamar Mandi
Kolam Mungil


Denah Rumah


Rumah hasil renovasi ini terdiri dari tiga buah kamar tidur, berukuran 2,5x2,75m dan 2,5x4,25m; dua kamar mandi berukuran 1,25x1,25m, ruang tamu berukuran 2x2,5m, ruang keluarga berukuran 2,5x4m, ruang makan yang digabung menjadi satu dengan dapur berukuran 2,5x3mdan taman di depan dan belakang rumah. Berikut denahnya.
renovasi rumah mungil tipe 21
kembali ke atas


Ruang Tamu


Ruang tamu terbilang sangat mungil, hanya berukuran 2x2,5m. Agar ruangan nampak lebih luas, jendela besar sengaja ditempatkan di sisi depan dan samping ruang tamu sehingga ruangan terasa menyatu dengan taman. Nuansa hijau yang menggambarkan suasana alam mendominasi ruangan ini. Hijau muda yang lembut dan menyejukkan menjadi warna utama dinding ruang tamu. Sofa dan tirai dipilih yang berwarna senada. Paduan warna putih yang berkesan bersih diterapkan pada meja dan pajangan dinding.
ruang tamu mungil minimalis hijau
Ruang tamu dibuat tanpa sekat. Ruang tamu seakan menyatu dengan ruang keluarga. Perbedaan ruangan ini tampak dari posisi ruang tamu yang dibuat sedikit lebih ke kiri dari ruang keluarga dan perbedaan warna cat di kedua ruangan.
ruang tamu mungil minimalis hijau
kembali ke atas


Ruang Keluarga

Berbeda dengan ruang tamu, warna putih yang berkesan bersih dan luas dipilih sebagai warna pada dinding ruang keluarga. Namun, nuansa hijau yang ceria dan menyegarkan tetap terasa dengan digunakannya sofa dan tirai yang berwarna sama dengan sofa dan tirai di ruang tamu. Sofa diletakkan di sudut ruangan, di dekat jendela. Nuansa hijau semakin terasa dengan ditambahkannya panel kayu berwarna hijau muda glossy berukuran 2x2m yanng diletakkan di belakang sofa dan meja kecil yang diletakkan di samping sofa. Lukisan minimalis bergambar pohon menambah kesan alami yang dihadirkan oleh warna hijau dalam ruangan.
ruang keluarga mungil minimalis hijau

ruang keluarga mungil minimalis hijau

Backdrop tv dipilih yang berwarna senada. Hijau glossy yang ceria dipadu dengan warna putih yang lembut menjadi warna utama backdrop tv. Cermin ditempatkan disisi kanan kiri backdrop untuk menambahkan kesan luas pada ruangan. Pada bagian bawah backdrop tv ditambahkan drawer di sisi kanan kiri dan rak mungil di bagian tengah.
backdrop tv minimalis hijau

kembali ke atas


Ruang Makan dan Dapur

Di ruangan berukuran 2,5x3m ini fungsi ruang makan digabung menjadi satu dengan dapur.       Untuk ruang makan, dipilih meja makan oval dengan permukaan kaca yang diletakkan di sisi kiri ruangan, menempel pada dinding di dekat jendela. Empat buah kursi makan bundar berwarna hijau dan putih diletakkan mengelilingi meja. Di ruang yang berhadapan langsung dengan taman ini, waktu makan dapat dilakukan dengan santai sambil melihat ke arah pemandangan kolam di taman belakang. Tirai dipilih yang senada dengan ruang lainnya dalam rumah. Untuk mempercantik ruangan, di sudut dinding ditempatkan lukisan bunga minimalis bernuansa hijau.

ruang makan mungil minimalis hijau
Kitchen set dibuat sejajar atas dan bawah memenuhi sisi kanan ruang makan. Bahan pelapis kitchen set dipilih yang berbahan high gloss panel yang memiliki permukaan licin dan mengkilap seperti kaca dan diberi lapisan duco di luarnya sehingga tampilan kitchen set terlihat mewah dan tahan terhadap goresan. Batu granit putih dipilih sebagai top table kitchen set bawah. Untuk kegiatan memasak ditmpatkan kompor tanam dan sink keramik berwarna putih. DI ujung kitchen set ditempatkan lemari es, dipilih yang juga berwarna hijau.
dapur mungil minimalis hijau

kembali ke atas


Kamar Tidur Anak

Kedua kamar tidur anak berukuran sama yakni 2,5x2,75m dengan jendela di bagian sudut kamar menghadap ke luar. Susunan kamar dibuat hampir serupa, berisi satu tempat tidur kecil, berukuran 100x200x70cm, meja belajar, rak buku gantung dan lemari besar. Untuk cat dinding, digunakan warna putih yang cerah dan berkesan luas. Warna hijau tetap terasa dominan di ruangan ini dengan pemilihan lemari dengan warna dominan hijau dan penambahan panel hijau glossy di belakang tempat tidur. Cermin diletakkan di bawah rak buku, di atas meja belajar, untuk memberi kesan lebih luas pada ruangan. Lukisan minimalis bertema anak ditempatkan di sisi lain ruangan untuk mempercantik ruangan.
kamar mungil minimalis hijau

kamar mungil minimalis hijau

kembali ke atas


Kamar Tidur Utama

Selaras dengan ruang lainnya dalam rumah, kamar tidur utama juga dicat dengan warna putih. Tempat tidur berukuran 160x200x70cm diletakkan di tengah ruangan. Nakas gantung kecil berukuran 35x40x20cm berwarna putih diletakkan di sisi kanan dan kiri tempat tidur. Lampu tidur berwarna hijau diletakkan di atasnya. Nuansa hijau turut terasa di ruang ini dengan ditempatkannya panel hijau glossy di belakang tempat tidur yang mampu memberi kesan mewah namun tetap menyegarkan pada ruangan. Lukisan minimalis bergambar bambu hijau dan putih di tengah-tengah panel hijau glossy semakin mempercantik tampilan ruangan.
kamar tidur mungil minimalis hijau
Jendela di ruang tidur utama menghadap langsung ke kolam mungil di taman. Tirai yang berwarna dan bercorak sama dengan ruang lainnya dipilih untuk menghiasi jendela. Lemari tiga pintu dengan paduan warna putih dan hijau glossy berukuran 120x50x200 cm diletakkan di sisi lain kamar.
kamar tidur mungil minimalis hijau

kembali ke atas


Kamar Mandi


Tidak ada yang istimewa dari kedua kamar mandi di rumah ini. Ukurannya terbilang mungil, hanya 1,25x1,25m. Karena itu, kamar mandi ini tidak menggunakan bak mandi. Kamar mandi hanya berisi kloset duduk, shower dan keran.

kamar mandi mungil

kembali ke atas


Kolam Mungil

Tanah kosong untuk taman yang tersisa untuk taman di belakang rumah sekitar 2,5x3m. Lumayan kecil, namun cukup unuk ditempatkan kolam ikan mungil berukuran 1,5x1,5m. Kolam dibuat bertingkat tiga. kolam berbentuk persegi panjang berada paling atas, tumpahan airnya ditampung di kolam berbentuk setengah lingkaran di tingkat kedua dan tumpahan air berikutnya ditampung di kolam berbentuk persegi di tingkat terbawah. Suara percikan air terjun mini dari tiap tingkatan kolam terdengar hampir ke seluruh bagian rumah dan dapat dinikmati sambil menonton tv di ruang keluarga, bersantap di ruang makan ataupun sambil beristirahat di ruang tidur utama.
kolam mungil minimalis
Tanaman dengan daun kecil memanjang memenuhi sedikit tanah yang tersisa di sisi kanan dan kiri kolam. Untuk mempercantik tampilan kolam di malam hari, ditambahkan tiga buah lampu taman yang ditempatkan di dinding di atas kolam. Hadirnya koam mungil di belakang rumah ini mampu menambah suasana alamai dan menyejukkan di rumah bernuansa hijau hasil renovasi tipe 21 ini.
kolam mungil minimalis

kembali ke atas

0 comments:

Post a Comment