Searching...

Kumpulan Desain Ruang Tamu Mungil

Kumpulan Desain Ruang Tamu Mungil

Pada rumah mungil, ruang yang tersedia untuk ruang tamu biasanya terbatas. Tidak jarang ruang tamu juga digunakan untuk berbagai fungsi. Selain sebagai tempat untuk menerima tamu, juga dijadikan tempat untuk berkumpul dengan keluarga dan tempat untuk makan.
Karenanya, pemilik rumah harus dengan cermat memutuskan perabotan apa saja yang cocok ditempatkan di ruang tamu agar ruang tetap terkesan luas dan nyaman untuk ditinggali. Umumnya, ruang tamu mungil hanya terdiri dari satu sofa ukuran sedang, beberapa kursi dan meja kecil. Agar ruangan tidak terkesan penuh, ada baiknya dekorasi yang diberikanpun seminim mungkin. Sedikit lukisan, karpet, vas bunga dapat ditempatkan dengan porsi yang proporsional agar ruang terlihat manis. Penambahan cermin besar terkadang diperlukan untuk memberi kesan lebih luas pada ruangan. Sebaiknya dipilih satu warna dominan disertai sedikit warna lain yang serasi agar ruangan terkesan nyaman, tidak asal campur aduk dalam hal warna. Berikut beberapa contoh penataan ruang tamu mungil yang pernah dibahas di RUMAH mungil KITA



Menawan dalam Balutan Hitam Putih yang Kontras

Luas ruang tamu mungil ini hanya sebesar 2x2,5m2. Warna hitam yang kontras dengan warna putih menjadi warna utama ruangan ini. Titik fokus ruangan tempak pada panel hitam glossy yang diletakkan di belakang sofa. Lukisan bernuansa perak diletakkan di tengah panel. Rak gantung minimalis berwarna hitam dan putih serta karpet dengan motif minimalis hitam putih yang asimetris menambah manis ruang ini.

Alami dan Menyejukkan dalam Balutan Hijau 

Ruang tamu hasil renovasi rumah tipe 21 ini tidak begitu besar, hanya berukuran 2x2,5m. Agar ruangan terlihat lebih besar dan lebih alami, ditambahkan dua jendela besar di sisi depan dan samping kanan ruangan. Balutan hijau pada dinding, sofa dan tirai memberi kesan menyejukkan pada ruangan. Penggunaan rumput sintetis sebagai pengganti karpet menambah kesan alami pada ruangan ini.

ruang tamu mungil minimalis hijau

Ruang keluarga di rumah ini juga dibalut warna hijau. Panel dan backdrop tv berwarna hijau glossy membuat ruangan tampak menyegarkan namun tetap modern. Pemberian warna hijau pada sofa, tirai dan penambahan lukisan pohon memberi kesan alami pada ruangan ini.

ruang tamu mungil minimalis hijau

Tenang dan Nyaman dengan Abu-abu

ruang tamu mungil abu-abu

Ruang tamu ini terbilang sangat mungil, hanya berukuran 1,5x2,5m. Karenanya agar ruang terasa lapang, ruang tamu dibiarkan terbuka tanpa sekat, menyatu dengan ruang makan dan dapur. Warna abu-abu yang tenang dan stabil digunakan agar ruangan terkesan lebih luas. Sofa  L dengan panjang tiap sisi 1,35m dan kedalaman 0,7m diletakkan di sudut ruangan. Bantal serta lukisan bernuansa merah dan hitam ditambahkan untuk memberi kesan ceria di tengah abu-abu yang tenang. Agar ruangan terasa lebih luas dan untuk mengalihkan pandangan tamu dari ruang dalam diberikan cermin besar di sisi lain ruang tamu.

Hangat dan Natural dengan Dominasi Coklat Kayu

ruang tamu mungil natural coklat kayu

Nuansa  hangat dan natural begitu terasa di ruang tamu berukuran 3x4,5 ini. Panel kayu berukuran 2x2m meghiasi sisi kanan dan kiri ruangan menambag kesan alami. Cermin memanjang diletakkan di samping panel kayu untuk mmberi kesan luas. Sofa dan rak tv berwarna lebih muda, meja kayu dan karpet memenuhi ruang ini . Lukisan bertema pedesaan diletakkan di atas sofa, menambah apik ruangan ini.

Ruang Tamu Nyaman di Antara Dua Taman

ruang tamu mungil putih

Ruang tamu berukuran 3x4,25 m imerupakan gabungan ruang tamu dan ruang keluarga. Didominasi warna putih, ruang ini terlihat terang dan luas. Terlebih dengan hadirnya jendela besar di bagian depan dan belakang ruangan yang menghubungkannya dengan taman di depan rumah dan kolam mungil di belakang rumah, kesan terang dan luas semakin terasa. Berada di ruang ini `seperti berada di ruang terbuka. Satu sofa besar dan satu sofa kecil, meja, karpet putih mengisi ruang ini. Lukisan bunga minimalis dengan sentuhan merah mempercantik ruang ini. Di malam hari, pencahayaan ruang terlihat makin mempesona dengan adanya efek dramatis dari lampu-lampu tanam kecil yang ada di setiap sudut plafond.

Elegan dengan Putih di Ruang Tamu

ruang tamu mungil putih

Ruang tamu ini terletak di ruangan berukuran 3x4m yang dibagi dua dengan ruang makan menggunakan partisi minimalis. Sisa ruang yang tersisa hanya 2x3m termasuk partisi. Warna putih mendominasi ruang tamu, terlihat dari pemilihan sofa dan futton chair putih. meja kayu kecil dengan vas bunga, karpet dan lukisan minimalis bunga berwarna merah mempecantik ruang tamu ini.

Ruang Tamu Mungil Multifungsi

ruang tamu mungil multifungsi

Ruang tamu ini terletak di area berukuran 2,4x3,25m. Luas bangunan yang hanya 25m2 menjadikan ruang ini memiliki tiga fungsi yakni sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Satu lemari besar yang berfungsi sebagai rak buku, rak tv, tempat lemari es, rak untuk peralatan dapur dan meja makan diletakkan di sudut ruangan. Meja kecil diletakkan di sisi kanan dengan dua kursi kecil sebagai ruang makan. sofa mungil berukuran 1,4x0,7x0,7 diletakkan di tengah-tengah ruangan.

Ruang Tamu Mungil Bernuansa Coklat Muda


ruang tamu mungil minimalis coklat muda
ruang keluarga mungil coklat muda

Ruang tamu dan ruang keluarga ini terletak di ruangan berukuran 3x5m. Untuk membedakan area publik dan area yang lebih privasi digunakan sekat minimalis dua sisi yang juga berfungsi sebagai rak tv. Untuk ruang tamu disisakan tempat hanya 2x3m termasuk sekat. Agar ruangan terasa lebih luas terdapat cermin pada rak yang menghadap sisi ruang tamu. Ruang tamu hanya diisi satu love seat, satu meja sudut dan dua futton sofa. Sedang ruang keluarga hanya diisi dengan satu sofa L kecil tanpa meja. Beberapa foto dan karpet ditambahkan untuk mempermanis ruangan.

0 comments:

Post a Comment