Searching...

Desain Rumah Tipe 38 Tanah 70 (2lantai, 2Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

Paduan Seimbang Hitam dan Putih dalam Sebuah Rumah Mungil

Sangat sederhana, sempit dan serba terbatas, mungkin tiga kesan itulah yang seringkali ada dalam benak kita saat melihat rumah mungil dengan luas bangunan tidak lebih dari 40m2. Apalagi jika rumah tersebut dibangun di atas lahan yang sangat sempit, 70m2. Kali ini RUMAH mungil KITA membahas rumah dengan luas bangunan 38m2 atau yang lebih dikenal dengan rumah tipe 38 yang hadir dengan konsep berbeda dari rumah sederhana kebanyakan. Dengan penataan yang cermat, rumah mungil ini terlihat menawan, luas dan mampu memenuhi kebutuhan ruang pemilik rumah. Kombinasi seimbang dua warna netral yang saling berlawanan, yakni hitam dan putih mampu menambah daya tarik rumah ini.

Pemilihan Warna Hitam dan Putih dalam Penataan Rumah


Rumah dengan desain minimalis umumnya hanya memadukan dua warna yang senada. Seringkali paduan warna hitam dan putih menjadi pilihan. Meski terkesan standar, hitam dan putih dengan penempatan yang tepat dan komposisi yang seimbang mmpu memberikan keindahan ruangan dengan nuansa berbeda.

Warna hitam dan putih merupakan dua warna dasar yang tegas dan memiliki sifat kontras. Warna hitam selalu identik dengan ketiadaan warna, sedangkan warna putih merupakan gabungan dari semua warna. Kehadiran warna hitam akan terasa seimbang jika diikuti dengan warna putih. Memadukan warna hitam dan putih dalam sebuah ruangan bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi jika harus diterapkan pada hunian mungil. Terlalu banyak warna hitam akan menimbulkan kesan sempit dan gelap , sedang terlalu banyak warna putih akan memberikan kesan sepi dan monoton. Namun kombinasi yang cermat dari keduanya dapat memberikan keindahan menawan tersendiri.

Berikut ini contoh penataan rumah mungil lengkap yang mengkombinasikan warna hitam dan putih versi RUMAH mungil KITA.



Denah Rumah


Berbeda dengan kebanyakan rumah mungil tipe 40 ke bawah yang cenderung hanya memiliki satu lantai, rumah ini dibuat dua lantai. Hal ini dimaksudkan agar semua kebutuhan akan ruangan dan keinginan memiliki taman di depan dan di belakang rumah tetap dapat terpenuhi di sempitnya lahan yang tersedia. Pembuatan rumah berlantai dua ini juga dimaksudkan agar rumah mungil ini nampak lebih luas dari ukuran aslinya.

desain rumah mungil minimalis tipe 38 tanah 70 2 lantai

Rumah ini berdiri di atas tanah berukuran 7x10 m2. Di depan rumah masih tersedia tanah berukuran 4,5x7 m2 untuk taman dan carport, sedang di belakang rumah masih tersedia tanah berukuran 1,5x7 m2 untuk taman. Di lantai satu terdapat satu kamar berukuran 3x3 m2, ruang tamu, ruang makan dan dapur, tangga serta kamar mandi. Ruang tamu dibuat lebih maju dari ruang lainnya dan pintu masuk disisipkan di sisi kanannya.

desain rumah mungil minimalis tipe 38 tanah 70 2 lantai

Di lantai dua terdapat satu kamar tidur berukuran 3x3 yang terletak persis di atas kamar di lantai satu dan ruangan berukuran 2x1m sebagai area tangga.


desain rumah mungil minimalis tipe 38 tanah 70 2 lantai



Tampak Luar Rumah di Siang Hari


Dari luar rumah ini nampak lebih besar dan lebih luas dari rumah tipe 40m2 ke bawah kebanyakan. Adanya lantai dua mampu memberi kesan rumah memiliki lebih banyak tempat. Ditambah area yang cukup luas untuk taman di depan rumah membuat rumah ini berkesan lebih luas lagi.

Seluruh bagian dari rumah ini didominasi oleh warna hitam dan putih, termasuk pada bagian fasad depan rumah. Agar tampilannya tampak lebih menarik ditambahkan ornamen garis mendatar dan ornamen batu alam berwarna senada pada fasad rumah. Warna abu-abu juga ditambahkan untuk menyatukan warna hitam dan putih.

desain rumah mungil minimalis tipe 38 tanah 70 2 lantai hitam putih

Hal yang cukup membuat rumah ini berbeda dari rumah lainnya adalah penggunaan atap yang unik di lantai dua. Atap dibuat berbentuk pelana dengan sisi bawah berada di kanan dan kiri. Atap di kamar tidur dibuat lebih tinggi daripada atap di area tangga, membuat rumah terasa lebih menarik lagi. Atap di area kamar mandi dan tangga di lantai satu didak beton dan dibuat lebih tinggi dari atap berbentuk pelana landai yang terdapat di ruang tamu. Sebagai tambahan, atap di atas teras didak beton dengan ketinggian lebih rendah lagi dan disamarkan kehadirannya dengan dinding abu-abu di bagian depan rumah. Sehingga dari depan rumah akan tampak atap dengan lima ketinggian berbeda dengan bentuk berbeda pula.

desain rumah mungil minimalis tipe 38 tanah 70 2 lantai hitam putih


Tampak Luar Rumah di Malam Hari


Tampilan rumah ini di malam hari tidak kalah menarik dengan tampilannya di siang hari. Penggunaan beberapa lampu di bagian luar rumah membuatnya terlihat terang meskipun di malam hari. Lampu gantung ditempatkan di teras dan di atas jendela sedang lampu tempel diletakkan di dinding ruang tamu dan dinding kamar atas. Pencahayaan yang memadai baik di dalam maupun di luar ruangan mampu membuat tampilan rumah berkesan menawan.

desain rumah mungil minimalis tipe 38 tanah 70 2 lantai hitam putih

Penataan interior rumah ini yang juga didominasi warna hitam dan putih senada dengan fasad depan rumah dapat disimak di Penataan Rumah Tipe 38 Tanah 70.

Demikian contoh desain rumah tipe 38 tanah 70 m2, dua lantai dengan dua kamar tidur versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu anda yang sedang ingin membangun rumah mungil dengan dua kamar tidur.
kembali ke atas

0 comments:

Post a Comment