Searching...

Penataan Rumah Tipe 38 Tanah 70 m2 (2lantai, 2Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

Paduan Seimbang Hitam dan Putih dalam Sebuah Rumah Mungil


Melanjutkan artikel sebelumnya, Desain Rumah Mungil Tipe 38, Tanah 70 m2, RUMAH mungil KITA kali ini akan membahas penataan lengkap rumah tersebut. Senada dengan fasad luar rumah yang mengusung tema hitam dan putih, keseluruhan interior rumah juga dibalut dengan warna yang sama. Mengisi sebuah rumah mungil dengan hanya dua warna dasar yakni hitam dan putih merupakan suatu tantangan tersendiri. Penempatan dan pemilihan warna setiap perabotan di rumah ini harus dibuat secermat mungkin agar kehadiran warna hitam tidak dirasa berat dan gelap dan agar kehadiran warna putih tidak dirasa monoton dan membosankan. Pencahayaan yang cukup juga menjadi kunci utama dalam memadukan warna hitam dan putih dalam suatu ruangan. Dengan pencahayaan memadai, warna putih akan terlihat lebih terang dan mampu mengimbangi gelapnya hitam sehingga kontras yang terlihat dalam ruangan tampak semakin menarik. Keseluruhan dinding di dalam rumah ini dibuat berwarna putih untuk mengimbangi kerasnya warna hitam. Namun, pada beberapa area tertentu yang menjadi titik fokus ruangan, ditambahkan panel hitam glossy sehingga ruangan tampak menjadi lebih hidup. Padu padan seimbang antara hitam yang tegas, kontras dengan putih yang bersih membalut setiap bagian dalam rumah mungil ini sehingga tampak begitu menawan.




Seperti telah dibahas sebelumnya, rumah mungil ini berbeda dari rumah mungil kebanyakan. Dengan luas bangunan hanya 38 m2 di atas lahan seluas 70 m2, rumah ini dihadirkan dalam bentuk dua lantai. Lantai pertama terdiri dari ruang tamu, ruang makan, dapur, tangga dan kamar mandi yang tergabung menjadi satu di ruangan berukuran 4x4 m2, serta satu kamar tidur berukuran 3x3m2. Sedang di lantai dua terdapat satu kamar tidur dan sedikit area tangga.


denah rumah mungil minimalis tipe 36 hitam putih
kembali ke atas

Ruang Tamu


Ruangan berukuran 4x4m di lantai satu rumah ini harus ditata secara cermat. Dengan luas tidak lebih dari 16 m2 ruangan ini memiliki banyak fungsi, yakni sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur dan area tangga. Bahkan, ruangan ini masih harus dipotong dengan kamar mandi berukuran 1,5x1,5m. Area yang tersisa untuk ruang tamu hanya sekitar 2x2,5m.

Di ruangan ini ditempatkan satu sofa love seat berukuran 1,8x0,7x0,7m berwarna hitam dan putih serta meja mungil berukuran 50x50x50cm. Agar terlihat menarik dan tidak monoton, ruangan ini dihias dengan rak gantung minimalis berwarna hitam putih yang diletakkan di dekat jendela. Tirai horizontal putih digunakan sebagai penutup jendela. Karpet dengan motif garis hitam putih asimetris diletakkan di bawah meja dan menjadi daya tarik tersendiri.

ruang tamu mungil minimalis hitam putih

Fokus pandang utama di ruang ini adalah sebuah panel hitam glossy yang ditempatkan di belakang sofa. Panel ini mampu memberi kesan maskulin yang tegas pada ruangan namun tidak berkesan gelap karena kemampuannya memantulkan cahaya. Sisi feminim dihadirkan dalam kemaskulinan panel hitam glossy dengan ditempatkannya lukisan abstrak bernuansa perak di tengah-tengah panel.

ruang tamu mungil minimalis hitam putih

kembali ke atas

Ruang Makan


Dengan terbatasnya ruangan, area yang tersedia untuk ruang makan hampir tidak ada. Cara mensiasatinya adalah dengan membuat ruang makan dalam bentuk meja bar yang menyatu dengan dapur. Meja ini dibuat dalam bentuk lonjong, berukuran 0,9x0,5m dengan warna putih. Agar terlihat lebih menarik, di atas meja bar diberi papan berwarna hitam dan tiga buah lampu gantung. Di ujung meja makan ditempatkan beberapa rak mungil. Hal yang cukup menarik dari meja bar ini adalah ditempatkanya lemari es mungil berukuran 50x50x50cm tersembunyi di bawah meja bar. Sebagai pelengkap meja bar, ditambahkan dua buah kursi berwarna sama hitam dan putih.

dapur mungil minimalis bawah tangga hitam putih dengan mini bar

Backdrop tv diletakkan menempel di dinding di sisi kanan ruangan yang terletak di antara ruang tamu dan ruang makan. Senada dengan ruang tamu, panel hitam glossy juga digunakan sebagai backdrop tv. Pantulan cahaya dari panel ini membuat seakan-akan ada ruang lain di belakang tv sehingga ruangan tampak lebih luas. Backdrop tv terlihat simpel tanpa dipenuhi banyak aksen. Hanya sebaris rak putih memanjang diletakkan di bagian bawah sebagai tempat menyimpan berbagai media elektronik termasuk speaker.

kembali ke atas

Dapur di Bawah Tangga


Tidak lengkap rasanya rumah tanpa dapur. Bahkan di rumah mungil sekalipun. Sama halnya dengan ruang makan, area untuk dapur di rumah ini bisa dibilang hampir tidak ada. Karenanya, area bawah tangga yang biasanya kosong, dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk dijadikan area dapur.

Kitchen set terlihat mewah dengan digunakannya bahan high gloss panel berwarna hitam dan putih yang licin dan mengkilap sebagai pelapis kitchen set. Kompor tanam, kitchen sink satu lubang dan beberapa laci mungil diletakkan sejajar di satu sisi kitchen set. Untk kitchen set atas, karena keterbatasan tempat di area bawah tangga, hanya terdapat dua rak kecil untuk tempat menyimpan bumbu dan bahan makanan.

dapur mungil minimalis bawah tangga hitam putih

kembali ke atas

Tangga



Tangga terlihat sangat manis dalam balutan warna hitam dan putih. Keramik hitam mengkilap dipilih sebagai pijakan tangga, sedang untuk area bawah tangga dipilih cat berwarna putih bersih senada dengan warna rumah. Railing tangga dibuat mendatar dalam bentuk garis mendatar yang seimbang dengan pemilihan warna hitam di bagian luar dan putih pada bagian dalam. Sebagai hiasan ditambahkan rak mungil berbentuk persegi dengan ukuran 250x250x20cm yang disusun ke atas dengan warna hitam dan putih.

tangga minimalis hitam putih
kembali ke atas


Kamar Mandi


Kamar mandi terletak tepat di belakang ruang tamu. Meskipun ukurannya sangat mungil, yakni 1,5x1,5 m kamar mandi ini tetap terlihat modern dengan dipilihnya keramik hitam dan putih sebagai warna utama kamar mandi. Area basah dan kering di kamar mandi dipisahkan oleh pintu kaca geser. Keran untuk Shower di satu sisi dan gantungan handuk di sisi lainnya mengisi area basah kamar mandi. kloset duduk berwarna putih menempati area kering.
kamar mandi mungil hitam putih
kembali ke atas

Kamar Tidur Utama


Panel hitam glossy juga ditempatkan di ruang tidur utama, di belakang tempat tidur, sebagai titik fokus ruangan. Kehadiran panel ini semakin menarik dengan diletakkannya lemari baju berukuran 1,6x0,5x2m yang memiliki empat pintu geser dengan cermin pada bagian pintu. Dua benda yang mampu memantulkan cahaya dan diletakkan berdekatan dengan sudut 90 derajat mampu memberikan tambahan tiga bayangan, sehingga ruangan yang hanya berukuran 3x3m ini nampak empat kali lebih luas dari ruang sebenarnya. Penempatan rak mungil minimalis dengan bentuk asimetris yang diletakkan di tengah-tengah panel mampu memberi warna lain dan menghidupkan bayangan yang dipantulkan. Di sisi lain kamar ditempatkan lukisan abstra berwarna hitam putih dan abu-abu yang mampu menambah keindahan ruangan ini.
kamar tidur mungil minimalis hitam putih

kembali ke atas

Kamar Tidur Anak


Kamar tidur anak di lantai dua juga didominasi oleh warna hitam dan putih. Panel hitam glossy dengan ukuran lebih kecil diletakkan di belakang tempat tidur. Nakas gantung berwarna hitam diletakkan di sudut ruangan, di sampingnya diletakkan tempat tidur berukuran 120x200m. Rak gantung berwarna hitam diletakkan di sisi lain tempat tidur dan digunakan sebagai meja komputer. Karpet dan beberapa bantal mungil dengan warna senada diletakkan di dekatnya dan digunakan sebagai tempat yang cukup nyaman untuk belajar. Kesukaan anak terhadap hal-hal berbau astronomi dituangkan dalam penempatan lukisan planet yang cukup besar. Lemari satu pintu dengan cermin di bagian pintu diletakkan di sudut rangan.
kamar anak mungil minimalis hitam putih

Rak buku minimalis berwarna putih diletakkan di sisi lain kamar.

rak buku mungil minimalis putih
kembali ke atas

0 comments:

Post a Comment