Searching...

Kumpulan Desain Rak TV minimalis

Rak TV merupakan salah satu perabot yang hampir selalu ada dalam sebuah rumah. Salah satu jenis rak TV yang seringkali menjadi pilihan adalah rak TV minimalis. Desainnya yang simpel, ukurannya yang relatif lebih mungil dan lebih mudah ditempatkan dimana saja, serta beragamnya pilihan dan warna membuat rak tv minimalis semakin banyak digemari.


Seiring dengan perkembangan TV yang semula berbentuk tabung dengan ukuran dan ketebalan yang cukup besar menjadi TV LED yang ramping dan mudah "ditempel" dimanapun, rak TV juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Rak yang semula harus tebal, harus kokoh, dan harus besar agar mampu menampung beratnya TV berubah menjadi lebih simpel, lebih tipis, bahkan bisa hanya dalam bentuk rak gantung mungil.

Seiring dengan semakin sulitnya lahan dan semakin banyaknya rumah berukuran mungil, fungsi dari rak TV pun mengalami perkembangan. Untuk menyiasati minimnya ruangan, rak TV seringkali dijadikan furniture multifungsi. Keberadaan rak TV tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan TV, namun juga berfungsi sebagai rak pajangan, rak buku, sekat dua sisi, tempat meletakkan dispenser, lemari es mungil, digabung dengan lemari baju atau bahkan digabung dengan kitchen set.

Berikut beberapa contoh desain rak TV minimalis yang pernah hadir dalam RUMAH mungil KITA.

Rak TV sekaligus partisi dua sisi

Partisi minimalis dua sisi saat ini mulai banyak digemari. Untuk rumah mungil, keberadaan partisi ini merupakan solusi jitu dalam membagi ruangan. Modelnya yang umumnya semi transparan dan dapat diakses dari kedua sisi membuat pembagian ruang oleh partisi ini dapat jelas terlihat tanpa menimbulkan kesan sempit.

partisi minimalis dua sisi dengan rak tv

Partisi minimalis seringkali hadir disertai dengan tempat untuk meletakkan TV pada bagian tengah. Karenanya partisi ini cocok ditempatkan sebagai pembatas antara ruang keluarga dan ruang makan atau di antara ruang tamu dan ruang keluarga.

partisi minimalis dua sisi dengan rak tv

Pada rak TV ini bagian kiri dan bawah merupakan rak yang dapat diakses dari dua sisi. Bagian tengah tempat untuk meletakkan TV dan bagian kanan sengaja dibuat hanya berupa kayu dengan garis vertikal agar tidak terlihat berat.

partisi minimalis dua sisi dengan rak tv biru putih

Partisi ini dibuat untuk membatasi ruang tamu dan ruang keluarga. Warna biru dan putih yang serasi dengan warna dominan rumah dipilih sebagai warna utama. Partisi dibagi menjadi tiga bagian. Di sisi kanan dan kiri ditempatkan rak, beberapa diantaranya dapat diakses dari kedua sisi.

partisi minimalis dua sisi dengan rak tv biru putih

Bagian tengah partisi ditempatkan panel kayu yang dilapisi dengan wallpaper berwarna senada. Sisi ruang tamu sebagai tempat untuk pajangan sedangkan sisi ruang keluarga sebagai tempat menyimpan tv. Rak dan laci di sisi kiri televisi hanya dapat dibuka dari sisi ruang keluarga dan berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai keperluan bukan untuk pajangan.

partisi minimalis dua sisi multifungsi

Partisi minimalis dua sisi juga seringkali hadir dengan berbagai fungsi lain. Misalnya pada sekat ini, cermin sengaja disisipkan di tengah-tengah partisi untuk membuat ruangan yang disekat nampak lebih luas.

partisi minimalis dua sisi multifungsi

Bagian kiri rak TV ini sengaja dibuatkan ruang kosong sampai ke lantai. Ruang kosong ini bisa sengaja dibuat sebagai tempat meletakkan dispenser dengan galon bawah atau kulkas mungil. Di bagian bawah TV juga disiapkan rak kosong yang cukup luas untuk tempat berbagai media elektronik.

partisi dua sisi dengan rak tv warna oranye putih

Partisi dua sisi ini tampak menarik dalam balutan warnya putih yang lembut dan oranye yang ceria. Dari sisi ruang tamu, partisi nampak simpel dengan rak di sisi kiri dan panel oranye mengkilap di tengah-tengah partisi.

partisi dua sisi dengan rak tv warna oranye putih

Dari sisi ruang keluarga, televisi LED 32 inchi nampak pas "digantungkan" di tengah-tengah partisi. Di bagian bawah televisi terdapat tempat yang cukup untuk menyimpan DVD maupun decoder. Pajangan di sisi kanan dapat diliha dari kedua sisi partisi.

Rak TV di bawah tangga


Di rumah dengan luasan lahan terbatas, area bawah tangga pun bisa dijadikan sebagai tempat meletakkan TV.

Rak TV minimalis di bawah tangga

Rak TV dibuat berwarna putih senada dengan warna dominan dalam rumah. Lemari disusun di samping dan di atas TV mengikuti ruang yang tersisa di bawah tangga.

Rak TV minimalis putih bawah tangga

Di bagian bawah TV disiapkan ruang kosong untuk tempat meletakkan berbagai media elektronik.


Rak TV mungil


Rak TV mungil dengan desain sederhana merupakan model rak TV yang banyak digunakan saat ini. Untuk mempertegas tampilan minimalis, rak dibuat kotak tanpa lekukan. 

Rak TV sederhana warna merah muda

Warna rak TV bisa disesuaikan dengan warna ruangan. Misalnya rak TV warna merah muda sesuai dengan warna rumah yang didominasi merah muda.

Rak TV sederhana putih abu-abu

Rak TV warna putih cocok ditempatkan di ruangan bernuansa abu-abu. Sebagai tambahan hiasan, rak gantung mungil berwarna putih bisa ditempatkan di atasnya.

Rak simpel dengan panel di belakangya


Menampilkan rak TV minimalis dalam rumah tidak harus selalu memakan banyak biaya. Rak TV simpel seperti ini bisa menjadi pilihan. Panel kayu dengan warna yang disesuaikan dengan ruangan ditempelkan pada tembok, kemudian rak TV yang hanya berupa sebaris panjang rak ditempelkan pada panel. TV dengan bracketnya juga ditempelkan pada panel.

Rak TV simpel dengan panel hitam glossy

Untuk rumah bernuansa hitam putih, panel berwarna hitam glossy ditambah rak mungil berwarna putih manis nampak elegan.

Rak TV simpel dengan panel hitam glossy

Rak TV sesimpel ini dapat cocok ditempatkan dimana saja dalam rumah termasuk di antara dapur dan ruang tamu.

Rak TV simpel dengan panel kayu

Rak TV dengan panel kayu di belakangnya juga cocok ditempatkan di kamar tidur. Agar ruangan terlihat lebih luas, cermin dapat ditempatkan di sisi kanan dan kiri panel.

Rak TV simpel dengan panel merah glossy

Untuk ruang yang didominasi warna merah, panel kayu berwarna merah glossy dapat menambah suasana ceria.

Rak TV simpel dengan panel merah glossy

Pantulan yang dihasilkan oleh panel glossy membuat ruangan terasa lebih hidup.

Backdrop TV


Backdrop TV ini dibuat dengan latar kayu berwarna lebih tua dan kayu yang berwarna lebih muda untuk tempat meletakkan TV.

Backdrop TV nuansa kayu

Agar tampilan terlihat lebih manis, rak gantung mungil ditempatkan di sisi kiri atas televisi dan cermin ditempatkan di sisi kanan televisi.

rak tv miimalis simpel dengan panel kayu

Meski terlihat simpel, rak tv ini cukup menarik ditempatkan di ruang duduk mungil. Rak tv sederhana memanjang ditempatkan di bagian bawah. Panel kayu ditempatkan di belakang rak tv. Cermin memanjang ditempatkan di sisi kanan dan kiri panel kayu.

backdrop tv minimalis sederhana

Backdrop tv kayu ini tampil dengan desain yang sangat sederhana. sebaris rak memanjang di bagian bawah tv, dengan beberapa rak mungil di sisi kiri dan atas tv menghiasi panel kayu mungil tempat tv diletakkan

Backdrop TV hijau glossy

Backdrop TV ini dibuat berwarna hijau dan putih senada dengan warna keseluruhan rumah. Rak TV cermin ditempatkan di sisi kanan dan kiri TV dan lampu kecil ditempatkan pada sebaris panel kayu yang ditempatkan di atas backdrop TV.

Rak TV multifungsi


Untuk rumah berukuran sangat mungil, adakalanya rak TV harus benar-benar memiliki banyak fungsi, seperti rak TV berikut yang juga berfungsi sebagai rak pajangan dan rak buku. Di bagian kanan TV disediakan ruang kosong yang cukup untuk meletakkan lemari es satu pintu.

rak tv multifungsi menyatu dengan kitchen set dan meja bar

Sebagai pengganti ruang makan, mini bar mungil ditempatkan di sudut rak dengan dua kursi mungil yang bisa dimasukkan ke bawah meja saat tidak digunakan. Di atas lemari es dan mini bar ditempatkan lemari gantung yang juga berfungsi sebagai pengganti kitchen set dalam rumah.

Lemari baju dengan rak tv

Adakalanya televisi ditempatkan di kamar tidur di dalam rumah. Di rumah ini, agar terlihat simpel dan tidak "memakan" area lain, televisi ditempatkan di tengah-tengah lemari baju. Sudut ruangan berukuran 3x3m benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan menempatkan lemari besar berukuran 3x3x0,5 m.  Tepat di bagian tengah lemari ditempatkan panel yang dilapisi wallpaper sebagai tempat meletakkan televisi. Lemari di kanan dan kiri televisi disiapan untuk tempat menyimpan long dres,laci di bawah tv untuk baju sehari-hari yang sering dipakai, lemari di sisi luar sengaja diberikan pintu transaparan sebagai tempat penyimpanan koleksi tas,  dan lemari besar di bagian atas untuk berkas, baju yang jarang dipakai, sprei, selimut dan berbagai keperluan lain.

3 comments:

  1. Macam-macam Rak nya bagus sekali, Tetapi harus punya ruangan yang lebar ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ruangannya kecil, tinggal disesuaikan aja
      trims sudah berkunjung

      Delete
  2. kalau rak yg berfungsi sebagai partisi ruang keluarga dan ruang tamu seperti gambar 3 dan 4, berapa ya mas biasanya?

    ReplyDelete