Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasil Tipe 45 Tanah 84 m2 (2 lantai, 4 kamar tidur, 2 kamar mandi) -Lantai 1

Abu-abu Putih Menawan di Rumah Hasil Renovasi Tipe 45 dengan Biaya Minimal

Melanjutkan artikel sebelumnya, Renovasi Rumah Tipe 45 Tanah 84m2 (2 Lantai, 4 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi), Rumah Mungil Kita akan membahas penataan rumah hasil renovasi secara lengka pada artikel ini. Sejalan dengan fasad depan rumah, interior rumah di lantai satu juga didominasi oleh warna putih dan abu-abu. Sedangkn lantai dua, yang ditujukan sebagai ruang khusus untuk anak didominasi dengan warna yang lebih cerah merah dan kuning.


Denah Rumah


Denah rumah lantai satu tidak banyak berbeda dari denah rumah awal. Hanya dinding pemisah antara ruang tamu dan dapur yang dibongkar dan dijadikan area tangga dengan dapur di bagian bawah tangga. Dua kamar tidur berukuran 2,8x3 m berjajar di sisi kiri rumah dan satu ruang memanjang berukuran 2,7x6,5 m di bagian tengah rumah untuk ruang tamu dan ruang makan. Kamar mandi terletak di sisi belakang kanan. Di depan rumah terdapat sisa berukuran 4,5x7m untuk carport, teras dan taman, sedang di belakang rumah, terdapat sisa tanah berukuran 1,5x7m untuk taman.

renovasi rumah mungil minimalis tipe 45 dengan nuansa abu-abu putih

Lantai dua sama dan sebangun dengan lantai satu, terdiri dari dua kamar tidur berukuran 2,8x3m berjajar di sisi kiri rumah, satu kamar mandi berukuran 1,5x1,5m dan ruang kosong berukuran 2,7x6,5 m di bagian tengah rumah sebagai ruang keluarga dan ruang bermain anak.

renovasi rumah mungil minimalis tipe 45 dengan nuansa abu-abu putih


kembali ke atas

Ruang Tamu

Ruang memanjang berukuran 2,7x6,5 m dibagi menjadi dua ruangan, yakni ruang tamu dan ruang makan. Partisi minimalis dua sisi berwarna putih membatasi kedua ruangan ini. Area untuk ruang tamu hanya berukuran 2x2,7m, sisanya merupakan area untuk makan. Anggota keluarga yang cukup banyak membutuhkan ruang makan yang lebih luas.

Ruang tamu mungil minimalis dengan nuansa abu-abu putih

Ruang tamu bernuansa abu-abu putih ini ditujukan hanya untuk tamu luar yang tidak terlalu dekat. Menyesuaikan dengan ukurannya yang sangat mungil, yakni 2x2,7m ruang tamu ini hanya diisi dengan dua kursi mungil dan satu meja putih bundar kecil. Agar ruangan terlihat menarik, diberi sedikit tambahan wallpapper di sisi luar dinding di belakang kursi. Lukisan minimalis berwarna senada menghiasi bagian tengah dinding.

Ruang tamu mungil minimalis bernuansa abu-abu putih dengan sekat minimalis dua sisi

Sekat minimalis dua sisi putih tampak manis dan serasi dengan ruang tamu yg didominasi warna abu-abu. Sekat digunakan sebagai rak buku dan rak pajangan. Sekat yang menghadap ke ruang tamu dihiasi dengan banyak figura berisi foto sang anak.

Partisi minimalis dua sisi putih

kembali ke atas


Area yang sebelumnya dapur dibongkar dan dijadikan area tangga. Sebagai gantinya, dapur diletakkan di bawah tangga. Sebagian area dapur dapat terlihat dari ruang tamu. Warna abu-abu dan putih mendominasi dapur seperti halnya ruang lain di dalam rumah.


Dapur dan kitchen set mungil minimalis putih di bawah tangga

Di bawah tangga terendah disusun lemari memanjang, sesuai area kosong di bawah tangga. Di sebelahnya dileakkan lemari es satu pintu dengan oven mungil di atasnya. Kitchen set bawah berbentuk L diisi kompor tanam dan sink satu lubang. Agar area dapur terlihat lebih luas, pada bagian backdrop kitchen set diletakkan cermin.

Dapur dan kitchen set mungil minimalis putih di bawah tangga

Kitchen set atas dibuat sesuai dengan area kosong yang tersisa di bawah tangga. Penghisap asap diletakkan di atas kompor.

Dapur dan kitchen set mungil minimalis putih di bawah tangga

kembali ke atas

Ruang Makan


Agar dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga yang jumlahnya cukup banyak, ruang makan membutuhkan area yang lebih luas. Meja makan besar dengan delapan kursi memenuhi ruang makan. Kursi dengan corak bernuansa abu-abu tua dan meja makan berwarna abu-abu muda terlihat manis dan serasi dengan vas besar transparan berisi bunga putih besar. Warna abu-abu tua juga diterapkan pada tirai.

Ruang makan mungil minimalis bernuansa abu-abu putih

Tiga lampu gantung disusun berjajar menerangi area makan.

Ruang makan mungil minimalis bernuansa abu-abu putih

Dinding kosong dekat pintu belakang dihias dengan foto keluarga berbagai ukuran yang ditata dengan apik memenuhi seluruh bagian dinding. Agar tidak terlihat kosong, area bawah foto dihias dengan wallpapper abu-abu.

Photo board, area tempat menyusun foto dengan berbagai ukuran

kembali ke atas

Kamar Tidur utama


Kamar tidur utama terlihat sangat simpel. Sebagai pembeda, dinding di belakang tempat tidur diberi wallpaper abu-abu yang senada dengan bagian lain dari rumah. Tirai berwarna putih menghiasi bagian tengahnya. Tempat tidur diletakkan di tengah-tengah ruangan dengan dua nakas putih di sisi kanan dan kiri tempat tidur.

Kamar tidur mungil minimalis bernuansa abu-abu putih

Sisi lain kamar diisi dengan satu lemari besar berwarna putih mengkilap dan cermin besar di samping lemari.

Kamar tidur mungil minimalis bernuansa abu-abu putih

kembali ke atas

Kamar Tidur Kakak laki-laki


Sisi maskulin terlihat jelas pada kamar anak laki-laki pertama yang mulai beranjak dewasa. Tempat tidur kecil diletakkan di tengah ruangan dengan satu lemari puth di sisi kanan tempat tidur dan laci yang juga digunakan sebagai meja belajar di sisi kiri tempat tidur. Rak gantung simpel berwarna putih diletakkan di atasnya. Plafond hitam mengkilap dengan cahaya putih di antara plafond menambah sisi maskulin kamar ini dan menjadi pembeda dengan ruang lain dalam rumah.

Kamar tidur mungil minimalis bernuansa abu-abu putih

Sisi lain kamar diisi dengan rak buku gantung putih asimetris yang terlihat kontras dengan wallpaper abu-abu di belakangnya.

Rak mungil minimalis putih dengan bentuk asimetris

kembali ke atas

Berikutnya, penataan lantai dua rumah hasil renovasi rumah ini dapat disimak disini.

2 comments:

  1. Keren desainnya ((y)^□^)y)
    Warna ruangannya sejuk, nice blog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih ya mbak mel udah mau mampir lg di blog saya
      ^^

      Delete