Searching...

Penempatan Lukisan Minimalis di Rumah Mungil

Rumah mungil kita akan terlihat lebih indah dengan ditempatkannya berbaga pajangan sebagai hiasan. Salah satunya lukisan. Agar terlihat manis dan ruangan tidak terkesan sempit, penempatan lukisan juga harus dilakukan secara cermat disesuaikan dengan tema dan luas ruangan. Berikut beberapa contoh penempatan lukisan minimlis yang sebelumnya pernah dibahas di Rumah Mungil Kita


Menempatkan secara sejajar beberapa lukisan yang tampak mirip

Untuk ruangan yang agak besar dengan area kosong pada dinding yang cukup lebar, meletakkan beberapa lukisan berbingkai yang tampak mirip bisa menjadi pilihan. Tampak mirip disini bisa berupa beberapa lukisan sama dengan warna berbeda atau beberapa lukisan berwarna sama dengan gambar berbeda.

lukisan minimalis di ruang mungil

Ruang tamu putih ini terlihat manis dengan dua lukisan bunga putih berlatar merah. Area kosong yang cukup lebar pada dinding di atas sofa menjadikan penempatan satu lukisan saja akan terasa janggal sehingga ditempatkan dua lukisan agar tampak seimbang dengan sis ruang yang ada.

lukisan minimalis di kamar tidur mungil

Kamar tidur bernuansa hitam putih ini terlihat lebih hidup dengan tambahan beberapa lukisan minimalis bertema sama dengan tiga warna berbeda. Ukuran lukisan disesuaikan dengan space kosong yang tersisa di belakang tempat tidur.

lukisan minimalis di kamar tidur mungil

Kamar tidur bernuansa salem ini nampak semakin feminin dengan ditambahkannya dua lukisan bunga merah dengan latar belakang putih di atas tempat tidur.

Membagi lukisan menjadi beberapa bagian dan menempatkannya sejajar

Salah satu solusi menempatkan lukisan besar di ruangan mungil agar tidak terlihat berat adalah dengan membaginya menjadi beberapa lukisan lebih kecil dan meletakkannya secara berdekatan dan sejajar. Dengan membagi lukisan besar menjadi beberapa lukisan kecil, mata akan menangkap lukisan tersebut menjadi sesuatu yang lebih kecil dan proporsional dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar. Namun, pesan yang tertuang dalam lukisan besar secara utuh dapat tetap tersampaikan dengan menempatkannya secara sejajar dan berdekatan dan nampak sebagai lukisan besar secara keseluruhan. Contohnya pada penempatan lukisan berikut.

lukisan minimalis bertema pohon dengan empat warna

Nuansa hijau di ruangan ini nampak lebih alami dengan ditambahkannya lukisan pohon di atas sofa. Agar nampak lebih hidup, lukisan dibagi menjadi empat dengan empat warna berbeda.

lukisan minimalis di kamar tidur mungil bernuansa hijau

Kamar tidur ini nampak lebih alami dengan ditambahkannya lukisan bambu di belakang tempat tidur. Agar tidak nampak berat, lukisan yang cukup besar dibagi menjadi beberapa bagian dan disusun sejajar.

lukisan minimalis bertema anak

Area kosong di atas tangga yang menjadi tempat bertemunya dua pintu menuju kamar anak nampak lebih manis dengan ditempatkannya lukisan minimalis warna warni bergambar rumah dan pohon. Lukisan dibagi menjadi tiga bagian dan diletakkan sejajar.

lukisan minimalis dinosaurus di kamar mungil anak

Kesukaan anak pada suatu hal juga bisa ditempatkan secara manis di ruangan dengan tetap terlihat minimalis. Misalnya pada lukisan dinosaurus ini. Agar tidak tampak berat, lukisan yang cukup besar dibagi menjadi tiga dan dipajang di tengah-tengah ruangan dengan bingkai tanpa tepi.

Membagi lukisan menjadi beberapa bagian dan menempatkannya secara asimetris

Lukisan minimalis juga bisa tampil menarik dengan membagi lukisan menjadi beberapa bagian dengan ukuran berbeda. Masing-masing lukisan ditempatkan pada bingkai tanpa tepi dan ditempatkan berdekatan secara asimetris. Misalnya pada beberapa lukisan berikut.

lukisan bunga minimalis dengan peletakan asimetris di kamar mungil

Lukisan bunga berwarna merah dengan latar kuning ini cocok ditempatkan di kamar bernuansa krem. Lukisan ditempatkan di belakang tempat tidur di atas cermin memanjang.

lukisan bunga minimalis merah di ruang makan

Ruang makan putih ini nampak manis dengan ditempatkannya tiga lukisan bunga dengan jenis berbeda berwarna sama, yakni putih, dengan latar merah. Lukisan bagian tengah ditempatkan sedikit lebih rendah daripada lukisan di bagian tepi dan membuatnya nampak lebih menarik.

luksan bunga minimalis putih di ruang tamu

Agar tidak tampak monoton, ruang tamu bernuansa putih ini dihias dengan lukisan beberapa jenis bunga berwarna merah dan putih. Ditempatkan secara asimetris namun tetap seimbang, lukisan mampu melengkapi area kosong yang cukup besar di ruangan dengan plafond yang cukup tinggi ini.

lukisan bunga minimalis hijau kuning di ruang makan

Tema alami yang diterapkan di ruang makan yang menyatu dengan dapur ini lebih terasa dengan ditempatkannya lukisan bunga berwarna hijau dan kuning yang ditempatkan secara asimetris di sudut ruangan.

Membagi lukisan menjadi beberapa bagian dan menempatkannya dalam bentuk persegi yang lebih besar

Lukisan memanjang ke atas dengan ukuran yang cukup besar bisa tetap tampil proporsional di ruangan mungil dengan membaginya menjadi empat lukisan kecil dan menempatkannya secara berdekatan. Contohnya pada lukisan berikut ini.

lukisan minimalis abstrak di ruang tamu abu-abu

Lukisan abstrak bernuansa hitam dengan sedikit warna merah ini nampak tetap proporsional dengan ruang mungil karena dibagi menjadi empat bagian dan ditempatkan berdekatan. Sedikit tambahan warna merah memberi kesan hangat di tengah abu-abu yang sejuk.

Menempatkan lukisan dengan bingkai tepi di tengah-tengah dinding

Menempatkan lukisan secara konvensional seperti penempatan lukisan pada umumnya juga dapat tetap menampilkan kesan minimalis, seperti pada beberapa contoh berikut.

lukisan abstrak abu-abu

Lukisan abstrak benuansa abu-abu ini diletakkan tepat di tengah-tengah ruangan. Tepi dinding di sekitar lukisan ditambahkan wallpaper, dan menjadi tambahan "tepi bingkai" lukisan. Lukisan nampak lebih besar, lebih hidup dan lebih menyatu dengan ruang di sekitarnya.

lukisan abstrak oranye di ruang tamu

Lukisan abstrak yang berwarna senada dengan ruangan ini juga tampil menarik ditempatkan di tengah ruangan, di antara kedua kursi. Warna coklat pada bingkai sangat kontras dengan lukisan abstrak di tengahnya. Oranye, kuning, merah dan htam yang menyatu dalam lukisan menjadi daya tarik tersendiri.

lukisan koki di ruang makan

Waktu makan menjadi lebih nikmat dengan adanya "koki tambahan" di ruang makan. Tampilan minimalis tetap terlihat dengan penggunaan bingkai lebih yang jauh lebih besar daripada lukisan sehingga are kosong antara tepi lukisan dan bingka menjadi lebih besar.

lukisan kontemporer di ruangan bernuansa coklat kayu

Menampilkan kesan etnik minimalis salah satunya bisa dilakukan dengan menempatkan lukisan kontemporer di tengah-tengah ruangan. Adanya panel kayu di belakang lukisan yang tampak seperti "tambahan bingkai" bagi lukisan membuat kesan minimalis tetap terasa di tengah lukisan kontemporer.

Lukisan di tengah panel kayu

Penempatan lukisan di tengah-tengah panel kayu juga apik diterapkan di kamar tidur. Kesan minimalis nampak dari penempatan lukisan yang tidak sesuai dengan ukuran bingkai. Lukisan memanjang ke atas nampak tetap menarik ditempatkan pada bingkai yang ditempatkan mendatar. Sisa ruang kosong di kanan kiri lukisan membuat lukisan nampak lebih menarik.


Menempatkan lukisan dengan bingkai tanpa tepi

Untuk lukisan berukuran lebih besar, yang tidak mungkin dibagi menjadi beberapa bagian, sebaiknya ditempatkan tanpa bingkai atau bisa juga ditempatkan pada bingkai tanpa tepi. Seperti penempatan lukisan berikut.

lukisan abstrak abu-abu di ruang hitam putih

Lukisan abstrak berukuran cukup besar bernuansa abu-abu ini cocok ditempatkan di atas sofa tamu di tengah-tengah panel hitam mengkilap di ruangan ini. Adanya lukisan di tengah-tengah panel membuat ruangan ini terasa lebih hidup.

lukisan abstrak abu-abu

Dinding kosong di ruang ini tidak dibiarkan begitu saja. Agar nampak manis, ditambahkan lukisan abstrak berukuran cukup besar yang proporsional dengan area kosong yang ada. Warna abu-abu senada denga warna putih dan hitam yang mendominasi ruangan.

Menempatkan poster atau lukisan besar tanpa bingkai

Untuk lukisan berukuran sangat besar atau poster, sebaiknya ditempelkan langsung pada dinding tanpa bingkai dan ditempatkan di temgah-tengah dinding. Dinding dapat menjadi "pengganti" bingkai.

poster besar hellokitty langsung ditempelkan ke dinding

Kamar tidur bernuansa merah muda ini menjadi lebih cantik dengan ditambahkannya poster besar hellokitty di bagian dinding kamar yang kosong. Banyaknya cermin di sisi lain kamar membuat "seakan-akan" terdapat banyak gambar hellokitty besar di kamar ini.

poster besar ditempelkan langsung ke dinding tanpa bingkai

Poster besar bertuliskan nama anak, misalnya Bianco juga bisa dijadikan piliha penghias bagian dinding kamar yang kosong. Warna yang senada dengan ruangan menjadikan poster ini nampak menjadi pelengkap ruangan.

0 comments:

Post a Comment