Searching...

Kumpulan Desain Rumah Mungil Sehat dengan Dua Kamar Tidur

Rumah mungil yang ideal adalah rumah mungil yang berisikan semua ruang yang dibutuhkan oleh pemiliknya dan tetap terasa nyaman untuk ditinggali semungil apapun dan sesempit apapun lahan yang ditempati. Beberapa hal yang "harus tetap ada" di rumah mungil sebelumnya telah dibahas dengan lengkap di Apa Saja yang Hampir Selalu Ada di RUMAH mungil KITA?. Melanjutkan pembahasan tersebut, pada artikel ini dan dua artikel selanjutnya, RUMAH mungil KITA akan merangkum kembali beberapa contoh desain rumah mungil ideal yang mampu memenuhi semua yang dibutuhkan di tengah sempitnya lahan. Artikel ini hanya merupakan rangkuman denah dan tampak luar rumah. Jika ingin melihat dengan lebih jelas, di bawah tiap penjelasan disertakan juga link menuju penjelasan lengkap dari tiap-tiap rumah.

Rumah Tipe 25 yang Mampu Memenuhi Semua Kebutuhan akan Ruang

Rumah ini terbilang sangat mungil, hanya memiliki luas bangunan 25 m2 di atas tanah 60 m2. Namun, dengan penataan yang cermat, rumah ini tetap bisa berisikan ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga yang digabung menjadi satu ruangan, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur. Untuk menjamin pencahayaan yang baik dan sirkulasi memadai di dalam rumah, rumah ini masih memiliki taman yang cukup luas di depan dan di belakang rumah.

denah rumah tipe 25 tanah 60 m2 dengan dua kamar tidur

Dari luar, rumah tampak begitu sederhana, dengan atap pelana yang tidak begitu curam, pintu dan jendela standar, dan tanpa banyak ornamen. Hanya sedikit tambahan garis vertikal hijau dan kuning yang menghiasi bagian depan rumah

tampak luar rumah tipe 25 tanah 60 m2 dengan dua kamar tidur

Meskipun mungil, ruang utama di rumah ini yang hanya berukuran 2,4x3,5m mampu diatur dengan sangat apik sehingga bisa berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan pantry.

Penggabungan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan pantry dalam satu ruangan

Penjelasan lengkap mengenai rumah ini dapat disimak di Desain Rumah Tipe 25 Tanah 60 m2.


Rumah Tipe 36 dengan Desain Unfurnished yang Natural, Megah dan Menawan

Rumah tipe 36 ini sedikit berbeda dari rumah tipe 36 kebanyakan. Dengan penataan yang cermat, rumah mungil ini berisikan teras yang dialihfungsikan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dapur yang menyatu dengan ruang makan yang dibuat dalam bentuk mini bar, dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Sedikit tanakh yang tersisa di belakang rumah dimanfaatkan untuk kolam mungil.

denah rumah tipe 36 tanah 72 m2 dengan desain unfurnished

Dari luar, rumah nampak alami dengan batu bata ekspos dan semen kamprot. Tambahan sedikit warna merah mampu menghidupkan kesan kaku yang ditimbulkan oleh penggabungan batu bata ekspos dan semen dengan teknik kamprot. Keunikan lain dari rumah ini adalah sisi kanan dan kiri rumah dibuat serendah mungkin. Sehingga jika digabung dengan sekitrarnya rumah nampak menyatu seperti sebuah rumah besar.

Tampak luar rumah tipe 36 tanah 72 m2 dengan desain unfurnished

Tidak hanya bagian luar rumah yang tampil alami dengan batu bata ekspos, bagian dalam rumah seperti ruang tamu, dapur bahkan kamar tidur juga diberi sentuhan yang sama. Sofa berwarna merah ditambahkan untuk menghidupkan suasana.

Ruang tamu unfurnished dengan batu bata ekspos

Lebih lengkap mengenai rumah ini dapat disimak di Desain Rumah Tipe 36 Tanah 72 m2.

Paduan Seimbang Hitam dan Putih dalam Sebuah Rumah Mungil

Warna hitam dan putih cukup jarang digunakan sebagai warna keseluruhan sebuah rumah mungil. Hanya menghadirkan dua warna dasar ditakutkan memberi kesan monoton pada rumah. Namun hal tersebut tidak terasa di rumah ini. Paduan seimbang warna hitam dan putih justru membuat rumah ini nampak begitu menarik. Meskipun berukuran mungil dengan luas bangunan hanya 38 m2 di atas tanah 70 m2, rumah ini sengaja dibuat dua lantai sehingga cukup banyak area tersisa untuk taman. Lantai dua hanya berisikan satu kamar tidur, sedang ruang lainnya ditempatkan di lantai satu.

denah rumah tipe 38 tanah 70 desain hitam putihdenah rumah tipe 38 tanah 70 desain hitam putih

Dari luar, paduan seimbang hitam, putih dan abu-abu membuat rumah ini tampak begitu menarik. Atap miring ke samping dan dak beton dengan berbagai ketinggian berbeda sebagai penutup rumah membuat rumah ini tampil lebih menarik lagi.

tampak luar rumah tipe 38 tanah 70 desain hitam putih

Setiap ruang di dalam rumah didominasi warna hitam dan putih dengan proporsi seimbang. Setiap ruang dimanfaatkan semaksimal mungkin termasuk area bawah tangga yang disulap menjadi dapur mungil dan sisi dinding kosong di depan kamar yang dijadikan tempat melekatkan backdrop teevisi.

dapur bawah tangga hitam putih

Penjelasan lebih lengkap mengenai rumah ini dapat disimak di desain rumah tipe 38 tanah 70 m2.

Luas, Elegan dan Nyaman di Rumah Tipe 40


Plafond setinggi 4,5 m menjadi sisi paling menarik dari rumah ini. Dengan plafond yang cukup tinggi tersebut, meski hanya memiliki luas bangunan 40 m2 rumah ini terasa begitu luas dan nyaman ditempati. Dua kamar tidur mengapit satu kamar mandi di sisi kanan rumah, sedang sisi kiri rumah untuk ruang tamu, ruang makan dan dapur di luar.

denah rumah tipe 40 tanh 84 yang luas elegan dan nyaman

Dari luar rumah nampak seperti bertingkat. Plafond setinggi 4,5 m diimbangi dengan hadirnya jendela "dua lantai" di bagian depan rumah. Banyaknya jendela besar di depan rumah memungkinkan setiap bagian dalam rumah selalu terang di siang hari.

tampak luar rumah tipe 40 tanh 84 yang luas elegan dan nyaman

Partisi mungil mdua sisi menjadi pembatas yang cukup menarik antara ruang tamu dan ruang makan. Lukisan minimalis dengan berbagai cara penempatan menghiasi banyak dinding di rumah ini.

ruang tamu dengan partisi dua sisi
Penjelasan lebih lengkap mengenai rumah ini dapat disimak di Desain Rumah Tipe 40 Tanah 84 m2.

Demikian beberapa contoh desain rumah mungil dengan dua kamar tidur yang sebelumnya pernah dimuat di RUMAH mungil KITA. Kumpulan desain rumah lainnya dengan tiga dan empat kamar tidur dapat disimak pada artikel selanjutnya.

2 comments:

  1. rumah ini cocok utk keluarga kecil ya mbak, hmmm asyiknya punya rumah mungile seperti ini :D

    templatenya baru ya mbak, responsive banget nih template :)

    ReplyDelete
  2. iya mbak Indri. Meskipun mungil yg penting rumah sendiri. Pasti asyik :)

    Iya mbak, templatenya baru. sengaja cari yg responsive kayak punya mbak Indri :D. Download di lovelytemplate :-D

    ReplyDelete