Searching...

Tips Memiliki Rumah Sendiri

Setiap orang pasti memiliki keinginan memiliki rumah impian milik sendiri. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Tinggal di kos, di kontrakan apalagi masih ikut sama orang tua tentu saja tidak akan senyaman tinggal di rumah sendiri. Berikut ini beberapa tips dari Rumah Mungil Kita bagi anda yang ingin memiliki rumah sendiri.



Membeli sebuah rumah tentu saja merupakan salah satu keputusan besar dalam hidup, terlebih bagi yang berkantong pas-pasan. Karenanya, sebelum memilih dan membeli sebuah rumah banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, diantaraya

  • Pekerjaan dan penghasilan.
    • Tidak bisa dipungkiri, membeli rumah sendiri bukanlah sesuatu yang murah. Bagi anda yang memang keturunan berada, membeli rumah mungkin bukan suatu hal yang sulit. Namun, jika keuangan Anda terbatas, setelah memiliki pekerjaan memadai, menetap di suatu lokasi dengan penghasilan tetap per bulannya, membeli sebuah rumah barulah bisa dipertimbangkan.
  • Kebutuhan dasar hidup sehari-hari, ada tidaknya cicilan di tempat lain, kebutuhan lain
    • Jika penghasilan yang didapat sudah jauh di atas kebutuhan dasar hidup sehari-hari, membeli rumah bisa dipertimbangkan. Membeli rumah bukanlah suatu yang murah, dan jika anda membelinya dengan mencicil,butuh waktu cukup lama untuk melunasinya. Karenanya, agar keuangan tidak terlalu mepet, pastikan cicilan di tempat lain yang dirasa memberatkan diselesaikan terlebih dahulu sebelum membeli sebuah rumah.
Gambaran mengenai rumah yang diinginkan
  • Luas bangunan dan luas tanah rumah yang diinginkan
    • Jika dana anda terbatas, tidak perlu bermimpi terlalu tinggi membeli sebuah rumah besar dengan luas tanah besar. Rumah dengan ukuran mungil bisa menjadi pilihan. Saat ini spesifikasi rumah berukuran mungil bisa dibilang hampir sama dengan rumah berukuran lebih besar, baik dalam hal struktur bangunan, kekuatan bangunan, bahkan sampai ke tampilan luar bangunan tidak jauh berbeda dengan rumah mewah. Jika suatu saat anda membutuhkan rumah yang lebih besar, dan dana anda mencukupi renovasi bisa anda lakukan kapan saja anda menginginkannya.
    • Namun jika keluarga anda cukup besar serta dana anda mencukupi, membeli rumah berukuran lebih besar bisa menjadi pilihan bijak. Karena dengan rumah cukup besar anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan tentang renovasi rumah di kemudian hari.
  • Model dan isi dari bangunan yang diinginkan
    • Tetapkan ruang apa saja yang dibutuhkan dari sebuah rumah, misalnya butuh dua kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur serta satu ruang tamu, maka rumah tipe 36 bisa dikatakan cukup. Model rumah seperti apa yang anda inginkan juga bisa menjadi bahan pertimbangan nantinya saat membeli rumah.
  • Lokasi rumah 
    • Utamakan memilih rumah yang sedekat mungkin dengan tempat kerja. Jika memang tidak memungkinkan, carilah rumah yang memiliki akses terdekat dengan tranportasi massal yang dapat mengantar ke tempat kerja.
    • Cari rumah yang lokasinya bebas dari banjir, memiliki penjagaan keamanan 24 jam, dekat dengan banyak fasilitas umum, dekat sekolah dan masih alami.
    • Jika membeli rumah di perumahan yang baru dibangun, sebisa mungkin cari perumahan dengan lingkungan sekitar yang sudah terbentuk

Nah, jika Anda sudah merasa sanggup memiliki rumah sendiri, dan sudah punya gambaran seperti apa rumah yang anda inginkan, berikut beberapa tips agar anda dapat mewujudkan rumah impian

  • Menghitung dengan teliti berapa penghasilan per bulan, berapa pengeluaran per bulan, berapa bonus yang mungkin didapatkan dari kantor dan berapa sisa bersih uang yang mampu anda sisihkan tiap bulan untuk membeli sebuah rumah. Sisa bersih itulah yang seharusnya menjadi patokan maksimal cicilan rumah yang mungkin anda beli. 
  • Niat ingin membeli rumah. Jika memang sudah berniat benar-benar ingin membeli rumah, jangan tunda untuk menabung. Sisihkan setiap sisa dana yang ada untuk menabung. Jika perlu buka tabungan baru tanpa ATM atau menabung dengan tabungan rencana. Dengan cara ini, akan sulit mengambil kembali dana yang sudah anda tabung untuk membeli rumah.
  • Jika dana yang anda miliki dirasa sudah cukup untuk membeli rumah, dan anda sudah menemukan rumah yang cocok, jangan ditunda, karena harga rumah akan terus naik, dan bukan tidak mungkin dana anda yang seharusnya sudah cukup digunakan untuk membeli rumah saat ini malah menjadi belum cukup jika digunakan untuk membeli rumah beberapa bulan kemudian.
  • Jika anda menginginkan rumah baru, Rutinlah mengikuti pameran perumahan. Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar, tentunya datang ke berbagai pameran perumahan cukup mudah dilakukan. Meski dana untuk membeli rumah sendiri masih belum mencukupi, tidak ada salahnya datang ke pameran perumahan. Kumpulkan tiap brosur yang ada, dan pilah mana yang masuk dalam budget anda dan mana yang tidak, pilah mana yang sesuai keinginan anda dan mana yang tidak, pilah juga mana daerah yang masih dalam lingkup yang anda cari dan mana yang tidak. 
  • Jika kemudian kembali ada pameran perumahan, coba kembali datang. Dengan cara ini, anda dapa mengikuti perkembangan berbagai perumahan baru yang ditawarkan. Bandingkan dengaan brosur sebelumnya, mana yang harganya cepat naik, mana yang lebih cepat laku, mana yang lebih cepat berkembang. Jika anda punya waktu lebih, coba dengarkan berbagai tawaran dari para pengembang, dan bandingkan tawaran mereka saat ini dengan saat pertama anda mendatangi pameran. Dengan cara ini anda bisa lebih tau mana pengembang yang lebih bisa dipercaya.
  • Bagi anda ingin membeli rumah bekas, rutin update informasi anda mengenai rumah bekas yang dijual. Saat ini sangat mudah mencari rumah bekas dari internet. Bahkan kita juga bisa memilih agar hanya ditampilkan rumah berdasarkan lokasi dan harga yang kita inginkan. Beberapa web penyedia juga menambahkan fitur berlangganan email gratis sehingga anda akan dikabari kapanpun ada rumah yang sesuai dengan kriteria anda.
Jika anda merasa sudah siap memiliki rumah sendiri, beberapa tips membeli rumah dapat disimak di
Tips dalam Memilih Rumah Bekas dan di
Tips dalam Memilih Rumah Baru.

2 comments:

  1. orang yg ingin memililiki rumah sendiri memang harus cermat dalam menghitung pemasukan dan pengeluaran ya mbak :)
    makasih tipsnya sangat bermanfaat, salam sukses ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali mbak Indri sudah mau berkunjung lg
      semoga bermanfaat ya mbak
      ^_^

      Delete