Searching...

Tips Menghemat Listrik di Rumah Mungil (Dimulai Saat Membangun Rumah)

Saat akan membangun atau merenovasi suatu rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya memikirkan lebih awal bagaimana caranya agar rumah yang dimiliki nanti bisa menjadi rumah idaman, yang tentunya hemat di kantong, dalam hal listrik. Jika anda baru berencana memiliki rumah, beberapa tips berikut dapat membantu mengurangi kebutuhan listrik suatu rumah tinggal.

TIPS menghemat listrik di rumah




  • Memaksimalkan pencahayaan alami di siang hari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendesain rumah secermat mungkin agar tiap bagian dalam rumah memiliki akses langsung ke bagian luar rumah melalui jendela. Buat sebanyak mungkin jendela, karena dapat membantu menerangi rumah di siang hari dan memberikan pertukaran udara yang baik sehingga rumah bisa menjadi lebih sejuk.
  • Menyiapkan taman di depan dan di belakang rumah, dan menanam banyak tanaman dan pohon rindang. Kehadiran banyak tanaman mampu membuat rumah terasa lebih sejuk sehingga penggunaan pendingin ruangan bisa dikurangi.
  • Menggunakan lampu taman tenaga surya. Saat ini banyak dijual lampu taman tenaga surya. Di siang hari, tenaga matahari diubah menjadi listrik dan di simpan untuk digunakan menyalakan lampu di malam hari.
  • Jika air cukup sulit didapatkan dan harus menggunakan pompa, maka ada baiknya menyiapkan tandon air sedari awal. Penggunaan pompa air bisa sangat boros jika selalu dihidupkan setiap membutuhkan air. Sesuaikan kebutuhan air dengan ukuran tandon. Jika nantinya rumah akan dihuni orang banyak dan membutuhkan banyak air, ada baiknya memilih tandon yang lebih besar. Dengan ukuran tandon yang sesuai, pengisian air bisa dilakukan dua atau tiga hari sekali. Jika air yang masuk ke tandon berasal dari PDAM, ada baiknya pengisian tandon dilakukan pada malam hari saat debit air lebih kencang sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi tandon lebih sedikit.
  • Jika memungkinkan pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya dalam rumah. Saat ini sudah banyak penyedia PLTS untuk rumah pribadi. Biaya pemasangannya memang jauh lebih mahal daripada listrik konvensional, namun penghematan besar dalam hal listrik dapat sangat terasa.
Selanjutnya, setelah rumah jadi, penghematan listrik dapat lebih terasa dengan melakukan penghematan berikut Tips Menghemat Listri di Rumah Mungil (Saat Menempati Sbuah Rumah).

0 comments:

Post a Comment