Searching...

Penataan Rumah Tipe 54 Tanah 70 (2Lantai, 3Kamar Tidur, 2Kamar Mandi) (Area Publik)

Memaksimalkan Kenyamanan Hunian di Rumah Tipe 54, Tanah 70 m2 (Bagian 2: Ruang Tamu, Ruang Makan, Dapur dan Kolam)

Melanjutkan artikel sebelumnya, Desain Rumah Mungil Tipe 54 Tanah 70, Rumah Mungil Kita pada artikel kali ini akan membahas penataan area publiknya. Area publik di rumah ini terdiri dari ruang tamu yang digabung menjadi satu ruangan dengan ruang keluarga dan ruang makan yang digabung menjadi satu ruangan dengan dapur. Nuansa putih yang menawan dipilih untuk memenuhi setiap bagian ruang publik di rumah ini. Taman dengan kolam minimalis menjadi pemanis yang dapat dengan mudah diakses dari kedua ruang tersebut.


Denah Rumah
Ruang Tamu
Area Bawah Tangga
Ruang Makan dan Dapur
Kolam


Denah Rumah

Berikut denah area publik di rumah ini.

desain rumah mungil minimalis tipe 54 2 lantai

kembali ke atas


Ruang Tamu

Saat pertama memasuki rumah ini, kita disuguhi taman mungil di depan rumah. tiga pohon besar, dikelilingi tanaman bunga kecil memenuhi sisi depan taman. Rumput tinggi dalam pot memanjang diletakkan di sisi dalam taman.

taman mungil minimalis

Nuansa putih yang menawan langsung terasa saat memasuki ruang tamu. Satu sofa putih kecil dan satu sofa love seat putih dipadu dengan meja kayu, dan meja sudut mengisi ruang tamu. Lampu hias yang diletakkan di atas meja sudut, lukisan bunga minimalis berwarna merah dan karpet berwarna abu-abu mudamenjadi dekorasi yang dipilih untuk mempermanis ruangan. 
ruang tamu mungil minimalis putih
Plafond di seluruh bagian rumah dibuat berbentuk tray dengan sudut kemiringan 90', lebih tinggi 10cm pada bagian tengah dengan menyisakan sekitar 30cm di sepanjang sisi plafond. Lampu tanam diletakkan di tiap sudut plafond untuk memberi efek dramatis dalam pencahayaan ruang.
ruang tamu mungil minimalis putih
Ruang tamu menjadi ruang paling nyaman di rumah ini. Jendela besar di sisi depan dan belakang ruang tamu menjadikan ruang ini selalu terang dan segar di siang hari. Melalui jendela depan dihadirkan taman mungil yang asri, sedang melalui jendela belakang dihadirkan kolam mungil yang segar. Berada di ruang ini terasa seperti berada di ruang terbuka.
ruang tamu mungil minimalis putih


kembali ke atas


Area Bawah Tangga

Tidak ada bagian rumah yang dibiarkan kosong. Area bawah tangga pun dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan rak tv dan rak besar untuk menyimpan buku dan berbagai keperluan. Lemari kecil dengan pintu geser mengisi bagian sudut terbawah tangga dijadikan tempat untuk menyimpan sepatu.

rak tv bawah tangga

rak tv bawah tangga

kembali ke atas


Ruang Makan dan Dapur

Ruang makan dibuat menyatu dengan dapur di ruangan berukuran 2,5x4m. Senada dengan ruang tamu, warna putih dipilih sebagai warna dominan di ruang ini. Meja makan berukuran 120x80x80cm dan kursi diletakkan menempel pada dinding untuk menampilkan kesan lebih luas. Lukisan bertema koki diletakkan di atas meja.

ruang makan mungil minimalis putih

Pintu geser lipat kaca di dekat area kolam bisa dibuka lebar sehingga ruang makan terasa lebih luas dan menyatu dengan kolam kecil di taman belakang.

pintu menuju taman
jendela dari kolam

Dapur terbilang kecil namun cukup untuk diisi sink satu lubang, kompor dan kulkas satu pintu. Kitchen set atas bawah dipakai untuk memaksimalkan fungsi penyimpanan berbagai alat dapur. Rak piring diletakkan di kitchen set di atas sink.
dapur mungil minimalis putih

dapur mungil minimalis putih

kembali ke atas


Kolam

Kolam mungil minimalis dibuat di sisa tanah berukuran 2,5x2,75m di belakang rumah. Karena keterbatasan lahan, kolam dibuat sangat mungil, hanya berukuran 1,2x2m. Batu alam bertekstur gelap menghiasi dinding kolam. Batu alam juga disusun seperti tangga di sudut kolam sebagai tempat aliran "air terjun mini". Sisa taman diisi batu koral kecil dan beberapa pot tanaman yang diletakkan di sudut kolam.

kolam mungil minimalis

kolam mungil minimalis
kolam mungil minimalis
kembali ke atas

Penataan ruang tidur di rumah ini dapat disimak di Penataan Rumah Tipe 54 Tanah 70 (Area Kamar Tidur).

0 comments:

Post a Comment