Searching...

Desain Rumah Tipe 57 Tanah 120 (1lantai, 3Kamar Tidur, 2Kamar Mandi)

Simpel dan Lengkap di Rumah Tipe 57(Home Sweet Home Wanna Be)


Punya rumah idaman? Ada baiknya didesain dari awal apa saja yang ingin ditempatkan nantinya di rumah dan dimana saja penempatannya bahkan sebelum rumahnya selesai dibangun. Berikut contoh penempatan barang yang cukup efisien di rumah dengan tipe 57, luas tanah 120m2.

Tampak Luar
Denah Rumah
Ruang Tamu
Ruang Keluarga
Ruang Makan
Pantry
Dapur


Tampak Luar

Dari luar rumah terlihat simpel dengan desain modern minimalis. Terdapat satu pintu utama, pintu samping, dan tiga jendela. Atap teras dibuat dari dak beton dengan kolom di sisi kanan dan kiri teras. Hiasan batu alam menghiasi sisi depan rumah. Atap di sisi ruang tamu sengaja dibuat lebih tinggi dari atap di sisi kamar tidur.
desain rumah mungil minimalis tipe 57
kembali ke atas


Denah Rumah


Rumah di atas tanah 120 m2 ini terbilang cukup lengkap. Dalam denah rumah asli, dengan luas 57 m2, rumah ini sudah berisikan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, satu kamar mandi dan tiga kamar tidur. Namun untuk memenuhi kebutuhan, tanah di bagian belakang kamar utama, yang berukuran 2,25x3 m sedari awal akan dibangun kamar mandi utama berukuran 1,5x2,25 m dan gudang berukuran 1,5 x 2,25m. Dengan tambahan gudang dan kamar mandi, total luas bangunan rumah ini menjadi sekitar 64m2.
Berikut denah rumahnya.
Satu ruang utama berukuran 3x5m dibagi menjadi ruang tamu dan ruang keluarga dengan menggunakan partisi dua sisi. Ruang tamu berukuran 2x3m dan ruang keluarga berukuran 3x3m. Ruang makan dan pantry menyatu di ruangan berukuran 2,5x2,5m. Dapur mungil berukuran 1,6x2m terdapat di belakang rumah. Terdapat tiga kamar tidur dengan ukuran berbeda, yakni 3,25x3m 3x3m dan 2,5x2,5m.
desain rumah mungil minimalis tipe 57

desain rumah mungil minimalis tipe 57

kembali ke atas


Ruang Tamu


Ruang tamu dibuat seefisien mungkin. Ditempatkan love seat berukuran 70x140x70 cm, dua buah futton chair ukuran 50x50x50 dengan warna senada dan meja sudut berukuran 50x50x60 cm. Pot besar diletakkan di dekat pintu masuk dengan cermin di atasnya. Foto keluarga juga ditempatkan di ruang tamu.



Pembatas ruangan dua sisi menjadi point of view yang cukup menarik di ruangan ini. Di sisi ruang tamu terdapat lemari pajangan kecil dengan cermin di belakangnya agar ruangan terlihat lebih luas. Sedang di sisi ruang keluarga ditempatkan braket untuk tv, rak di bawah tv untuk tempat menyimpan berbagai media elektronik dan ruang kosong berukuran 40x40x110 cm di sisi kanan bawah untuk tempat dispenser galon bawah.



kembali ke atas

Ruang Keluarga


Di ruang keluarga, ditempatkan sofa berbentuk L berukuran mungil dan karpet. Tidak ditempatkan meja di sini agar ruangan terasa lebih luas. Sebagai hiasan, foto anak ditempatkan di dinding di belakang sofa.




kembali ke atas


Ruang Makan


Pembatas kayu berukuran 80x120 cm ditempatkan diantara sofa dan meja makan sebagai pembatas ruang keluarga dan ruang makan. Meja berukuran 80x120x80 diletakkan menempel di dinding agar ruang yang tersisa terasa lebih lapang. Cermin dan sepasang hiasan dinding ditempatkan di dinding di samping meja makan.


kembali ke atas


Pantry


Pantry ditempatkan disisi lain ruang makan. Kompor tanam, kulkas, oven dan rice cooker diletakkan dengan rapi pada satu kitchen set atas bawah.

kembali ke atas


Dapur


Dapur terbilang cukup mungil, hanya berukuran 1,6x2m. Di dalamnya ditempatkan kitchen set atas bawah, sink satu lubang dan kompor gas. Rak bumbu digantung di dinding di dekat kompor. Mesin cuci juga diletakkan di dapur.




Demikian contoh desain rumah tipe 57 tanah 120 m2 versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu anda yang sedang ingin membangun rumah mungil dengan tiga kamar tidur.

kembali ke atas

2 comments:

  1. Simple desaiinya dan rapi penempatan semua perabotnya sehingga tidak membuat hati semrawut

    ReplyDelete
  2. terima kasih sudah mengunjungi blog saya

    ReplyDelete