Searching...

Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 27 tanah 72 m2 (2 lantai, 4 kamar tidur, 3 kamar mandi) (Area Publik)

Menyulap Rumah Sangat Sederhana menjadi Rumah yang Istimewa


Melanjutkan artikel sebelumnya, Renovasi Rumah Tipe 27 Tanah 72, pada artikel ini, RUMAH mungil KITA akan membahas lengkap penataan area publik dan semi privat yang ada di rumah ini yang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, area tangga dan taman. Semua ruang tersebut terletak di lantai satu rumah. Sedang penataan area privat (kamar tidur) akan dibahas pada artikel selanjutnya.



Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya, warna oranye dipilih menjadi warna utama di dalam rumah. Penempatan warna oranye dalam proporsi yang tepat akan menampilkan kesan ceria sekaligus hangat di dalam rumah. Warna oranye berkesan energik dan dapat menambah semangat pemilik rumah. Namun, terlalu banyak oranye di dalam rumah akan menyilaukan mata. Bahkan, dalam suasana panas, terlalu banyak oranye akan menimbulkan perasaan "terbakar" di dalam ruangan. Karena itu, penggunaan warna oranye sebaiknya dipadukan dengan warna lain yang lembut dan dingin, seperti warna putih atau abu-abu. Berikut penjelasan lengkap penataan rumah ini.

Denah Rumah
Ruang Tamu
Ruang Keluarga
Ruang Makan dan Dapur
Area Tangga
Taman

Denah Rumah


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seluruh area publik dan semi privat di rumah ini terletak di lantai satu. Ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan terletak di sisi kiri rumah memanjang ke belakang dengan ukuran 3x8 m. Agar privasi di dalam rumah dapat tetap terjaga, ditambahkan partisi semitransparan di antara ruang tamu dan ruang keluarga. Dan agar area dapur dan ruang makan tetap menyatu namun tidak bercampur dengan ruang keluarga ditambahkan dinding "berlubang" diantara keduanya. 

denah tiga dimensi lantai satu rumah hasil renovasi tipe 27

Taman mungil berukuran 2,75x3m terletak di bagian kanan belakang rumah. Pintu kaca geser lipat membatasi ruang makan dan taman. Pintu ini dapat dibuka lebar sehingga aliran udara ke dapur, ruang makan sampai dan ruang keluarga dapat senantiasa terjaga. Cermin besar memenuhi area tangga memberi banyak tambahan cahaya baik untuk lantai satu maupun lantai dua rumah.

Ruang Tamu


Meskipun diberi sekat, ketiga ruang publik dan semi privat di ruang ini tetap tampak menyatu. Saat masuk ke dalam rumah melalui pintu depan akan nampak ruang tamu, partisi dua sisi, ruang keluarga dan ruang makan beserta dapur. Warna oranye dan putih memenuhi hampir setiap bagian dalam rumah memberi kesan ceria, hangat dan bersahabat.

desain rumah oranye dengan partisi semitransparan

Setelah dipotong sekat, area yang tersisa untuk ruang tamu hanya sekitar 2,5x3m. Ruang tamu ini sebenarnya ditujukan hanya untuk "orang luar", karenanya ditambahkan partisi dua sisi agar ruang semi privat di dalam rumah dapat lebih terjaga. Agar nampak lapang, tidak banyak yang ditambahkan di ruang tamu. Hanya terdapat dua sofa berbentuk semi kotak berwarna oranye, meja bundar berwarna putih dan satu lukisan abstrak bernuansa oranye. Partisi dua sisi yang membatasi ruang tamu dan ruang keluarga yang "diberi warna" oranye dan putih nampak selaras dengan keseluruhan ruang tamu.

ruang tamu oranye

Ruang Keluarga


Partisi dua sisi yang membatasi ruang tamu dan ruang keluarga berfungsi ganda, yakni sebagai partisi, sebagai rak pajangaan dan sebagai rak untuk menempatkan televisi. Televisi diletakkan menggantung di tengah-tengah partisi.

partisi dua sisi oranye

Partisi terbilang cukup unik, karena di sisi kanan, kiri dan atas televisi ditambahkan papan kecil berwarna oranye yang kontras dengan panel putih tempat menggantung televisi. Tambahan papan kecil ini memberi kesan seakan panel televisi tergantung ke papan besar di sekelilingnya.

ruang keluarga oranye

Satu sofa besar berwarna oranye, satu meja berwarna putih dan karpet bernuansa senada mengisi ruang keluarga ini.

ruang keluarga oranye

Hal menarik lain dari ruang ini adalah tambahan cermin berbagai ukuran yang menempel di dinding ruang keluarga. Tambahan cermin ini membuat ruang keluarga terasa dua kali lebih luas. Partisi dan sofa nampak dua kali lebih panjang dari ukuran sebenarnya. Dinding "berlubang" di belakang sofa membatasi ruang keluarga dan ruang makan.

Ruang Makan dan Dapur

Ruang makan dan dapur digabung menjadi satu di ruangan berukuran 2,75x3m ini. Senada dengan ruang lain, warna putih dan oranye memenuhi ruangan ini. Pintu kaca geser lipat membatasi ruang makan dan taman dapat dibuka lebar sehingga ruang makan terasa menyatu dengan taman.

ruang makan dan dapur oranye

Kitchen set atas dan bawah sepanjang 2,85 m memanjang di satu sisi ruangan. Kompor tanam, kitchen sink satu lubang, mesin cuci bukaan depan dan lemari es memenuhi kitchen set bawah. Di kitchen set atas ditambahkan penghisap asap, rak untuk piring basah dan microwave. Kitchen set atas dibuat memanjang sampai ke langit-langit sehingga dapat memberikan ruang penyimpanan memadai.

kitchen set oranye

Cermin besar seukuran pintu ditambahkan di sudut kitchen, di samping lemari es, memberi kesan adanya lemari es "empat" pintu dan adanya lorong menuju "ruang lain" di samping dapur.

ruang makan menyatu dapur oranye

Suasanan makan di ruang ini tetap terasa nyaman meski digabung dengan dapur. Rasa tenang yang diberikan oleh suara air terjun mini dan kesejukan yang diberikan oleh kolam mungil di belakang rumah mampu memberikan kenyamanan tersendiri saat sedang bersantap.

Area Tangga


Kamar tidur mungil berukuran 2x3m dalam desain rumah awal dibongkar dan dijadikan area tangga. Yang menarik dari area tangga ini adalah bagian bawahnya tidak dibiarkan kosong, namun dimanfaatkan sebagai kamar mandi. Agar tinggi kamar mandi sesuai dengan tinggi semestinya, kamar mandi dibuat 60 cm lebih rendah dari area sekitarnya dan ditambahkan tangga turun menuju kamar mandi.

tangga dengan jendela besar

Jendela besar memenuhi sisi kiri tangga. Ukuran jendela disesuaikan dengan tinggi tangga di sebelahnya. Untuk alasan keamanan, jendela dibuat dalam bentuk kotak-kotak besar, bukan dalam bentuk satu jendela lebar. Pencahayaan dari jendela di dekat tangga ini mampu menerangi lantai satu dan lantai dua rumah sekaligus.

tangga dengan jendela besar

Lukisan minimalis ditambahkan di tengah-tengah tangga untuk mempercantik tampilan tangga.

Taman


Sisa tanah berukuran 2,75x3 m di sudut kanan belakang rumah dimanfaatkan sebagai area kolam mungil. Sedikit berbeda dari kolam mungil kebanyakan, tangga berbentuk L ditambahkan di sudut kolam memberi jalan untuk air terjun mini "bertingkat". Sisa tanah di sebelah kanan kolam diberi panel kayu dan rencananya akan dijadikan tempat untuk meletakkan beberapa tanaman di dalam pot.

air terjun bertingkat di kolam mungil

Demikian penataan area publik dan semiprivat rumah hasil renovasi tipe 27 tanah 72 versi RUMAH mungil KITA. Penataan lengkap area kamar tidur dapat disimak pada artikel berikutnya.

2 comments:

  1. iiihhh keren bgt ..pgn di buatkan desain mb utk rmh sy dg tanah bertingkat type 36/118 m2

    ReplyDelete
  2. iihhh keren bgt..sy pgn di buatkan desain utk renovasi rmh sy type 36/118 m2, tp tanah di halaman depan lebih rendah krg lbh 50-75 cm dr teras jd bingung modelnya.mksh.d tgu blsnnya..

    ReplyDelete